in

7 Jenis Penyakit Ikan Oscar, Penyebab, Penanganan dan Pengobatan

Penyakit Ikan Oscar – Indonesia memiliki ragam ikan dengan corak dan ukuran menarik. Jenis ikan oscar seringkali dijadikan ikan hias sebab memberi ciri-ciri menarik. Namun terdapat ancaman penyakit ikan oscar hingga harus mendapat perawatan. Mengenal jenis penyakit pada ikan oscar sangatlah penting agar tahu bagaimana metode tepat untuk mengatasinya.

Penyakit Ikan Oscar, Bakteri Ikan Oscar

Beberapa pengalaman bagi pembudidaya ikan oscar ini mendapati penyakit yang cukup mematikan. Ancaman terhadap kehidupan ikan oscar kini sudah di depan mata. Untuk itu ada beberapa informasi seputar jenis penyakit, cara penanganan hingga pencegahannya.

Jenis Penyakit Ikan Oscar

1. Kekurangan Oksigen

Biasanya untuk kendala penyakit oscar yang disebabkan kekurangan oksigen memunculkan tanda-tanda seperti:

  1. Ikan oscar cenderung berenang sejajar.
  2. Sering berenang di permukaan ai.
  3. Frekuensi nafasnya cepat.

Dari sinilah harus ada penanganan lebih tepat agar ikan oscar kembali mendapat oksigen. Ciri tambahan untuk jenis ikan oscar yang mengalami kekurangan oksigen juga memperlihatkan gerakan insang dan gerakannya cenderung berbeda. Ada beberapa cara mengatasi ketika ikan oscar mengalami kekurangan oksigen.

Cara Mengatasi :

Pertama bersihkan lokasi pemeliharaan secara intensif bahkan dilakukan rutin dengan tujuan kotoran bisa dihilangkan. Oksigen dalam air lebih banyak jika kualitas airnya bersih. Jadi sebisa mungkin kondisi air tempat pemeliharaan harus bersih.

Cara kedua berikan peneduh di atas tempat pemeliharaan ikan oscar. Tujuannya untuk mengurangi kadar sinar matahari yang cukup intens membuat kondisi kolam kurang baik. Langkah terakhir kurangi jumlah ikan di satu kolam agar tak terlalu padat, kemudian bisa menambah pasokan oksigen lebih mudah dengan aerator.

Penyebab :

Ada beberapa penyebab kenapa penyakit ikan oscar seperti kekurangan oksigen bisa terjadi. Hal pertama adalah peningkatan suhu air, kemudian membuat oksigen yang diikat berkurang. Hal tersebut berdampak langsung pada ikan hingga memunculkan tanda-tanda kekurangan oksigen.

Berikutnya dari jumlah ikan di sebuah kolam terlalu padat. Ruang hingga kapasitas oksigen dipengaruhi oleh jumlah iklan di sebuah kolam. Untuk itu, Persaingan mendapat oksigen dan pakan harus dikurangi dengan menurunkan jumlah ikan di setiap kolam.

Bisa jadi kekurangan kadar oksigen di kolam ikan oscar terjadi karena tidak adanya tanaman air. Karena dari setiap tanaman air memiliki fungsi penghasil oksigen, jadi jumlah tanaman air harus ditambah. Penyebab lainnya juga diperlihatkan dari proses pembersihan dasar kolam terlalu rutin sehingga produksi oksigen berkurang.

2. Penyakit Sisik Lepas

Ikan oscar masih rentan terkena penyakit sisik lepas. Dari tampilan ikan oscar yang terjangkit penyakit sisik lepas berbeda dari ikan sehat lainnya. Pada bagian sisik terlihat berubah warna bahkan mengelupas seperti berganti kulit. Sedangkan dampak buruknya bisa membuat ikan oscar mengalami kecacatan.

Ancaman penyakit sisik lepas ini memang cukup merepotkan dalam budidaya ikan oscar. Sebab mekanisme penyembuhannya harus menggunakan karantina ke tempat lainnya. Pada ikan oscar yang terjangkit penyakit sisik lepas bisa dipisahkan menggunakan kantong plastik. Ditambah adanya perawatan intensif agar penyakit sisik lepas tidak menyebar.

Cara Mengatasi

Penanganan ikan oscar akibat penyakit sisik lepas ini cukup mudah. Proses pelepasan sisik yang bermasalah bisa lebih cepat menggunakan larutan Methelene Blue. Fungsi dari larutan tersebut cukup efektif dalam mencegah jamur menempel pada tubuh ikan.

Tentu saja perubahan warna dan tekstur kulit ikan oscar akibat penyakit sisik lepas membuatnya tak menarik. Untuk itu harus ada langkah cepat untuk menghilangkan jamur penyebab terjadinya sisik lepas. Rata-rata untuk menghilangkan jamur penyebab sisik lepas membutuhkan waktu kurang lebih 3-5 hari.

3. Penyakit Bintik Putih / White Spot

Pada dasarnya jenis penyakit bintik putih pada ikan oscar cukup familiar dan mudah dihilangkan. Namun, berdasarkan penyebab terjadinya bintik putih ini dikarenakan binatang bersel satu ataupun protozoa. Kehidupan binatang bersel satu ini menjadi parasit merugikan di tubuh ikan oscar dan langsung berdampak pada kulit ikan.

Bintik putih atau sering dikenal dengan nama ICH tersebut biasa terjadi dengan memunculkan gejala warna putih bintik-bintik di tubuh ikan. Menjadi penyakit paling umum dialami ikan oscar, sebab ukuran dari protozoa sangatlah kecil. Untuk itulah, perawatan dan pembersihan kolam menjadi modal utama untuk menghindari terjadinya bintik putih.

Jumlah protozoa penyebab penyakit bintik putih berbeda-beda. Namun, untuk kondisi tubuh ikan oscar yang terkena bintik putih bisa merata di sekujur tubuh ikan. Adapun gejala yang sering diperlihatkan ikan oscar ketika mengalami gangguan kesehatan penyakit bintik putih.

Tidak hanya bintik putih yang terlihat. Akan tetapi penyakit ikan oscar bintik putih ini terjadi dengan memunculkan gejala seperti adanya lendir cukup banyak di permukaan tubuh. Kemudian frekuensi bernafasnya semakin cepat. Ketika penyakit bintik putih menyerang bagian insang bisa dipastikan proses bernafas ikan menjadi terganggu.

Kemudian ada gejala lain yakni aktivitas berenang ikan selalu di permukaan air karena insang terganggu. Terakhir dari perubahan warna kulit ikan oscar juga berubah pucat dan jadi tanda bahwa pigmen kulit diserang jamur.

Cara Mengatasi :

Mengatasi penyakit bintik putih membutuhkan kesabaran. Sistem pertahanan tubuh ikan oscar ketika terjadi penyakit memperlihatkan lendir cukup banyak. Karena adanya lendir di sekujur tubuh ikan oscar inilah membuat proses penyembuhan menjadi lama.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena proses penyembuhan bintik putih bisa dilakukan secara bertahap. Gunakan larutan Chloramine 1% dengan kapasitas 20ml di kondisi air higenis sebanyak 20 liter. Ataupun bisa menggunakan larutan Chloromine sebanyak 30ml yang dituangkan ke air bersih sebanyak 30 liter.

Sebelumnya ikan harus dipindahkan ke dalam tempat lain dengan kondisi air lebih bersih. Rendamlah ikan oscar ke dalam larutan dengan durasi mencapai 24 jam. Jenis larutan lain dengan kandungan mercurochrome sebanyak 10ml ke dalam air bersih 22.5 liter juga bisa menghilangkan penyakit bintik putih.

Perkembangan dari proses penyembuhan ikan oscar yang terjangkit bintik putih memakan waktu cukup lama. Tidak cukup dengan satu kali perawatan saja, namun dari gangguan bintik putih bisa dilakukan beberapa kali penanganan agar cepat tuntas

Pencegahan paling tepat agar kesehatan ikan tidak terganggu oleh penyakit bintik putih sangat sederhana. Lakukan pembersihan kolam secara rutin. Kemudian jaga air tetap bersih dan penuh osgien. Bila perlu gunakan aerator agar kapasitas oksgien dan penyakit ikan oscar berupa bintik putih bisa dicegah.

5. Penyakit Jamuran di Tubuh Ikan Oscar

Jenis jamur yang bisa menyerang tubuh ikan oscar cukup banyak. Pembudidaya ikan oscar wajib tahu seperti apa karakter ikan ketika terjangkit penyakit jamur. Karena dari gangguan jamur tersebut tidak melihat usia dan ukuran ikan. Bahkan dalam satu kolam bisa terjangkit dalam jumlah besar.

Gejala awal ketika tubuh ikan oscar terserang jamur terlihat adanya benjolan di beberapa bagian. Dari kondisi jamur muda akan terus mengalami perkembangan. Kemudian dari kondisi jamur yang mati menjadi sebuah parasit baru hingga beresiko merusak bagian kulit tubuh ikan oscar.

Ancaman penyakit karena jamur cukup besar. Sebab dari potensi mengganggu kesehatan indukan cukup tinggi. Ditambah lagi ada ancaman pada telur ikan oscar hingga sulit ditetaskan. Rata-rata penyebab gagalnya budidaya ikan oscar disebabkan penyakit jamur. Untuk itu, diperlukan pemahaman seputar mengatasi dan mengetahui gejalanya.

Gejala pada ikan oscar terjangkit jamur cukup mudah dilihat secara kasat mata. Terlihat bulu-bulu halus seperti kapas berwarna putih. Namun ada juga penampakan jamur dengan warna sedikit kecoklatan. Proses penyebaran jamur pada tubuh ikan oscar cukup cepat. Karena itulah jamur menjadi penyakit ikan oscar dengan tingkat ancaman kematian cukup tinggi.

Ada dua jenis jamur bisa ditemukan pada tubuh ikan oscar yakni Achlya dan Saprolegnia. Ukuran kedua jenis jamur sangatlah kecil. Kemudian harus diamati menggunakan mikroskop pada pengembangan awalnya. Saat sudah menyebar, kondisi tubuh ikan oscar berubah warna ataupun menjadi pucat.

Mengatasi gangguan jamur pada ikan oscar memakan waktu cukup lama. Dibutuhkan kesabaran dalam menggunakan larutan khusus baik itu Mercurochrome dan Malachytgreen. Kedua larutan ini cocok untuk mengurangi intensitas jamur pada tubuh ikan oscar.

Cara Mengatasi :

Cara pengobatan ikan oscar yang terkena jamur bisa dilakukan manual. Ambil ikan kemudian oleskan ke seluruh bagian tubuh ikan yang terkena jamur. Proses pengolesannya dapat menggunakan kapas halus. Lakukan berulang jika perkembangannya semakin membaik.

Sedangkan untuk penggunaan malachytgreen sebanyak 20ml ke dalam air bersih sebanyak 20 liter bisa diterapkan. Metode satu ini sering digunakan ketika penyakit ikan oscar berupa jamur sudah menjangkit setengah jumlah total ikan di satu kolam.

Durasi perendaman larutan malachytgreen dilakukan selama setengah ataupun satu jam saja. Biasanya ada perubahan terlihat jumlah jamur berkurang cukup drastis dan dari kegiatan berenangnya cukup fleksibel.

6. Penyakit Akibat Perubahan Suhu

Karakter ikan oscar seringkali berubah ketika suhu air tidak stabil. Perubahan suhu menjadi satu kendala besar bagi ikan oscar muda. Terkadang perubahan suhu terjadi secara mendadak akibat paparan sinar matahari ataupun lainnya. Kemudian ancaman yang terlihat membuat ikan stres hingga memunculkan jumlah kematian di satu kolam.

Seringkali pembudidaya tidak menyadari akan potensi buruk dari gangguan penyakit ikan oscar akibat perubahan suhu. Akibat paling fatal berupa kematian diawali dari proses perubahan kebiasaan hingga stress. Jadi seringkali ikan oscar mati tanpa diketahui, padahal faktor utama seperti perubahan suhu jadi penyumbang terbesar.

Kondisi lingkungan di siang hari cukup panas, tiba-tiba di malam hari menjadi dingin selalu berpengaruh pada kesehatan ikan oscar. Menjaga kesehatan ikan oscar agar tak mendapat pengaruh akibat perubahan suhu memang tak mudah. Akan tetapi Anda bisa memakai cara mudah yakni menambah peneduh agar mengurangi dampak perubahan suhu.

Lingkungan budidaya ikan oscar cenderung memiliki suhu stabil. Karena itulah ikan oscar ini menyukai kondisi lingkungan yang teduh dan tidak terlalu mendapat dampak perubahan suhu. Meskipun cukup mudah, namun pembuatan peneduh membutuhkan biaya yang tidak murah.

Pada intinya, proses perawatan dari ikan oscar ini harus memperhitungkan suhu air dan intensitas paparan sinar matahari. Bila perlu selain peneduh Anda dapat menambahkan perangkat heater ataupun tersmotat. Tujuannya bisa membuat suhu air dan lingkungan sekitarnya lebih stabil.

7. Penyakit Busuk Mulut

Meskipun jumlah kasus penyakit busuk mulut pada ikan oscar ini tidak banyak, namun dari ancamannya perlu diwaspadai. Penyakit busuk mulut terjadi karena serangan bakteri fexibakter clumnaris. Gejalanya mudah diamati yakni bagian mulut ikan akan berwarna putih seperti terdapat jamur.

Biasanya butuh proses karantina dari ikan oscar dengan penyakit busuk mulut. Bahkan dari proses karantina bisa dilakukan dalam durasi cukup lama untuk memastikan kondisi ikan tetap stabil ataupun lebih sehat.

Cara Mengatasi :

Sedangkan metode pengobatan penyakit busuk mulut ini menggunakan obat bernama gesund blue magic sesuai aturannya. Pengobatan dari penyakit busuk mulut butuh waktu lama. Namun dari manfaatnya bisa mengembalikan sistem pencernaan ikan yang nantinya berguna untuk memperlancar pertumbuhan.

Langkah pencegahan dari penyakit busuk mulut lagi-lagi harus melakukan pembersihan kolam secara berkala. Hingga kondisi habitat ikan tetap bersih dan potensi penyakit ikan oscar yang berasal dari jamur bisa berkurang.

8. Penyakit Lubang di Kepala

Tingkat serangan penyakit lubang di kepala atau disebut HITH pada ikan oscar cukup tinggi. Bahkan resiko kematian akibat penyakit HITH bisa mencapai 70%. Dari semua jenis gangguan penyakit yang bisa menjangkit ikan oscar, HITH inilah yang cukup mematikan.

Gejala gangguan HITH pada ikan oscar jelas terlihat adanya bulatan kecil kemudian ada beberapa perubahan fungsi insang. Bagian paling banyak mendapat dampak buruk dari HITH ini diantaranya insang, kepala, serta mulut. Perubahan lesi akan semakin membesar bahkan bertambah banyak hingga terlihat lubang menganga.

Sedangkan dari efek gejala yang ditimbulkan HITH ini membuat nafsu makan ikan oscar berkurang. Jenis penyakit ikan oscar ini bisa menurunkan kondisi ikan oscar dalam hitungan hari saja. Maka dari itu butuh penanganan cepat hingga pencegahan supaya presentase hidup ikan oscar semakin tinggi.

Dari sekian banyak kasus terjadinya penyakit HITH disebabkan oleh kondisi air dan faktor makanan. Berbagai penelitian mengungkapkan penyakit HITH ini seperti bisul pada manusia. Sehingga dari resiko dan penyebarannya juga cukup tinggi.

Tingkat keasaman dan kebersihan air di bawah standar membuat kondisi ikan cepat stres. Dari sinilah muncul gangguan berupa tonjolan bisul yang nantinya akan terbuka menganga dan mengurangi presentase kehidupan ikan oscar.

Cara Mengatasi :

Proses pengobatan ikan oscar terjangkit HITH harus dimulai dengan pergantian air sebanyak 30%. Durasi pergantian air pada kolam dilakukan setiap hari, kemudian tambahkan kualitas makanan lebih baik. Dua aspek penting yakni makanan dan kualitas air lebih bersih menjadi kunci utama penyakit HITH cepat hilang.

Namun, pada kondisi HITH sudah cukup parah, ada upaya lain yakni menggunakan metronidazol. Tujuannya untuk membantu proses penyembuhan infeksi sekunder. Penggunaan metronidazol juga membutuhkan karantina ikan yang sakit. Jadi Anda perlu melakukan perawatan intens pada ikan terdampak HITH di wadah lainnya.

Seringkali pada tahapan pencegahan penyakit HITH ini tidak memperhitungkan seberapa baik parameter air bersih. Dari ketentuan air bersih untuk memelihara ikan oscar ini bisa kita lihat yakni memiliki nitrat dan nitrit hingga amonia sebanyak 0 ppm. Dari standar tersebut kehidupan ikan oscar akan lebih baik dan bisa terhindar dari jamur.

Penyakit berupa infeksi jamur seringkali dialami ikan oscar. Pembudidaya jenis ikan ini justru bisa merasakan banyak pengalaman ketika terjadi kasus penyakit tertentu. Hanya saja membutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk menyembuhkan kasus penyakit. Sampai jumlah ikan sehat lebih banyak dibandingkan ikan oscar berpenyakit.

Cara Merawat Ikan Oscar Harian Agar Tetap Sehat

  1. Selalu bersihkan media (aquarium), jangan biarkan kotoran ikan menumpuk.
  2. Berikan pakan yang bernutrisi.
  3. Rutin dalam mengganti air pada media tempat ikan oscar ada.
  4. Selalu sedia berbagai macam obat penyakit ikan.

Baca Juga: Jenis Penyakit Ikan Koi, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Jenis penyakit ikan oscar saat ini membutuhkan perawatan intens. Tidak cukup dari perubahan kualitas air dan makanan. Akan tetapi pada pengecekan suhu air, menambahkan peneduh sampai penambahan perangkat pembersih air pun bisa dilakukan. Tujuannya agar presentase kehidupan ikan oscar lebih tinggi.

Written by Portal Hewan