in

21 Jenis Ikan Oscar, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jenis Ikan Oscar – Berbicara tentang ikan oscar, siapa sih yang tidak takjub dengan keindahan dan pesonanya? Ikan ini memang dikenal menarik dan juga cerdas sehingga membuat siapapun akan tertarik untuk memeliharanya. Ikan oscar atau ikan cichlid dimana merupakan anggota keluarga Cichlidae ini memilki jenis-jenisnya tersendiri ya. Lalu apa saja jenis ikan oscar tersebut?

Jenis Ikan Oscar, Ikan Oscar Termahal, Ikan Oscar Langka, Ikan Oscar Termurah

Nah, sebelum kita membahas tentang jenis dari ikan oscar,  ada baiknya membahas asal-usulnya ya. Oscar merupakan ikan yang berasal dari sungai yang ada di seluruh dunia.  Diantaranya yaitu di lembah Sungai Amazon, Sungai  Paraguay, Rio Negro dan lainya. Bahkan di daerah asalnya yaitu Amerika, ikan ini sangat dihargai dan dianggap penting dalam industri perikanan.

1. Oscar Albino

Jenis Ikan Oscar Albino

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ikan oscar ini memililki jenis-jenis yang bervariasi sehingga membuatnya layak dikagumi ya. Salah satunya yaitu ikan oscar albino. Seperti nama yang diberikan, ikan ini memilki warna yaitu putih polos. Ciri dari ikan ini pun mudah dikenal karena memilki tubuh berwarna putih susu yaitu dari ujung sirip ekor hingga kepalanya.

Warna putih yang dimilki oleh ikan oscar albino ini pun terlihat sangat menyatu dengan baik di seluruh tubunya. Sehingga ikan ini terlihat cantik dengan warna polos yang dimilki. Bahkan apabila Anda ingin memiliharanya, mereka akan tampak indah jika diletakkan di akuarium dengan background terang maupun gelap.

Disisi lain oscar albino memiliki dua jenis yaitu oscar albino tiger dan oscar albino red. Untuk harga, ikan anakan berkisar Rp. 30.000 – Rp. 55.000. Sedangkan harga ikan oscar albino dewasa berkisar Rp. 110.000 – Rp.150.000.

2. Oscar Gold

Jenis Ikan Oscar Gold

Jenis ikan oscar termahal yang sangat cantik dan menarik tak lain yaitu ikan oscar gold atau golden oscar. Mengapa ikan ini diberi nama oscar gold? Hal tersebut karena ikan ini memilki warna yang sangat cantik yaitu kuning emas seperti namanya ya.

Bagi Anda yang tertarik untuk memilihara jenis ikan tawar ini, ciri-cirinya pun sangat menarik ya. Oscar gold memilki ciri yaitu memilki warna hitam gelap pada perutnya, pada ujung sirip punggungnya memiliki warna bening atau putih, kepala berwarna abu-abu, serta pada tubuhnya memilki warna kuning dengan corak bintik-bintik hitam.

Untuk harga, ikan anakan oscar gold berkisar Rp. 30.000 – Rp. 45.000. Sedangkan harga ikan oscar gold dewasa berkisar Rp. 80.000 – Rp.90.000.

3. Oscar Tiger

Jenis Ikan Oscar Tiger

Tahukah Anda, ternyata jenis dari ikan oscar yang populer tidak hanya beberapa namun sangat banyak. Salah satunya yaitu ikan oscar tiger. Jenis ikan inipun merupakan salah satu ikan oscar terpoluler dan banyak dikagumi. Bentuk dan corak nya pun sangat unik yaitu memilki pola di kulit mereka yang menyerupai pola harimau.

Pada tubuhnya pun sebagian besar memilki warna hitam dengan pola kemerahan atau orange terang. Sangat indah sekali deh. Sedangkan pada ujung tubuhnya pun terkadang juga terdapat garis hitam yang membuatnya terlihat elegan. Menariknya lagi, jenis ikan oscar inipun juga dapat tumbuh hingga 30-40 cm.

Untuk harga, ikan anakan oscar tiger berkisar Rp. 35.000 – Rp. 45.000. Sedangkan harga ikan oscar tiger dewasa berkisar Rp. 95.000 – Rp.112.000.

4. Oscar Albino Tiger / Tiger Red Albino

Jenis Ikan Oscar Albino Tiger

Seperti yang kita ketahui, ikan oscar sebenarnya hanya berasal dari satu spesies saja. meskipun begitu, ikan ini memilki banyak variasi bentuk dan juga warna sehingga membuatnya sangat menarik. Di pasaran pun banyak sekali jenis ikan ini dari berbagai bentuk dan warna.

Salah satu jenis ikan Oscar paling cantil tersebut yang populer yaitu oscar albino tiger atau oscar tiger albino. Warna dari ikan inipun terbilang khas sehingga mudah dikenali. Ciri-cirinya yaitu memilki warna tubuh yang dominan dengan warna putih serta pada tubuhnya terdapat bercak merah sehingga dinamakan oscar albio tiger. Selain itu, pada bagian ujung siripnya yaitu  memiliki warna abu-abu kecuali pada sirip insang.

Untuk harga, ikan anakan oscar albino tiger berkisar Rp. 32.000 – Rp. 45.000. Sedangkan harga ikan oscar albino tiger dewasa berkisar Rp. 85.000 – Rp.200.000.

5. Oscar Albino Red / Albino Red Oscar

Oscar Albino Red, Chilli Red Oscar

Jenis ikan oscar tercantik berikutnya yang juga memilki bentuk dan warna menarik yaitu oscar albino red. Sedangkan nama lain ikan ini yaitu Chilli Red Oscar. Namun tahukah Anda, bagaiman asal mula dari oscar albino red ini? Ternyata ikan ini merupakan hasil perkawinan silang dari ikan oscar red dan juga oscar albino. Menarik sekali bukan?

Ciri-ciri yang dimilki oleh ikan inipun didominasi warna merah dengan sedikit paduan warana putih. Yaitu pada bagian mata, ikan ini memilki warna merah. Warna tersebut akan terlihat jelas apabila terkena cahaya putih dari atas. Warna tubuhnya pun merah dominan, pada ujung siripnya berwarna putih, serta pada bagian kepalanya berwarna putih dengan corak merah. Harga ikan Oscar Albino Red / Albino Red Oscar dewasa berkisar Rp. 250.000 – Rp.600.000.

6. Oscar Red Tail Bahia

Oscar Red Tail Bahia, Jenis Ikan Oskar Oscar Red Tail Bahia

Ikan oscar terindah dan menarik untuk diketahui yaitu ikan oscar red tail Bahia. Ikan ini memilki variasi bentuk dan warna yang berbeda dari ikan oscar lain seperti yang dibahas diatas ya. Menariknya, ikan ini jika Anda perhatikan sekilas memilki warna yang  terlihat mirip dengan mujair. Namun variasi warna yang dimilki warna tentu saja berbeda ya.

Nah, ciri-ciri menarik dari ikan oscar red tail Bahia ini yaitu memilki corak-corak bervairasi pada tubuhnya sehinga membuatnya sangat cantik. Pada matanya sendiri yaitu memiki yaitu berwarna hitam dengan lingkaran merah di luarnya. Sedangkan tubuhnya memiliki warna dasar hijau keabuan serta terdapat bintik-bintik merah dan orange.

Bintik-bintik tersebut juga terdapat pada punggung dan ujung belakang sirip ikan tersebut. Selain itu, pada tubuhnya juga terdapat beberapa garis putih melintang yaitu terdapat pada atas tubuh hingga perut ikan tersebut.

7. Oscar Red Tiger

Oscar Red Tiger

Jenis ikan oscar tercantik yang juga menarik untuk dibahas yaitu ikan oscar red tiger. Sama halnya dengan ikan oscar albino red seperti yang sudah dibahas  diatas, ikan ini ternyata juga hasil dari persilangan.Hasil dari kawin silang antara ikan oscar red dan juga ikan oscar tiger.

Ikan inipun juga sangat menarik dan cantik sekali sehingga layak menjadi salah satu ikan favorit dan juga terbilang populer. Warna dasar ikan inipun yaitu didominasi abu-abu atau cokkat. Pada badanya, ikan ini memilki bintik-bintik merah atau orange. Selain itu, ada sirip ekor, perut dan juga  punggungnya berwarna hitam gelap. sedangkan pada sirip ekornya terdapt warna bening sedikit.

8. Oscar Wild Amazon

Oscar Wild Amazon

Ikan oscar lainya yang memilki bentuk dan juga variasi warna menarik yaitu ikan oscar wild amazon. Seperti nama yang diberikan, ikan jenis ini banyak ditemui di sungai amazon. Jenis Ikan Oscar inipun memilki ciri-ciri yang unik ya. sehingga membuatnya terbilang populer juga.

Bagi Anda yang penasaran, oscar wild amazon ini memilki ciri-ciri didominasi dengan warna gelap atau abu-abu. Pada badanya sendiri yaitu memilki garis kuning kecoklatan, sedangkan pada bawah rahangnya hingga perut memiliki warna putih cerah. Pada bagian belakang badan ikan, terdapat bercak merah, sedangkan pada pangkal ekornya terdapat bulatan hitam kombinasi merah.

9. Oscar Wild Brazil

Oscar Wild Brazil, Jenis Oscar Wild Brazil

Jenis variasi dan bentuk lainya yang dimilki oleh ikan oscar yaitu terdapat pada ikan oscar wild Brazil. Berdasarkan nama yang dimiliki, sudah jelas sekali ya jika ikan ini merupakan ikan yang dijumpai dei Negara Brazil.

Sama seperti jenis ikan oscar lainya, ikan ini pun memilki ciri menarik sehingga membuatnya dikagumi. Nah, ikan ikan ini ditemukan dengan ciri yaitu memilki warna dasaar coklat keabu-abuan. Pada sirip ikan ini memilki warna cokkat bening atau abu-abu. Sedangkan pada bagian tubuhnya, oscar wild Brazil ini memilki bintik-bintik berwarna merah dan hitam.

10. Oscar Veil Teil

Oscar Veil Teil, Jenis Oscar Veil Teil

Macam dari ikan oscar lainya yang juga sangat cantik dan menarik sekali yaitu oscar veil teil. Bagi Anda yang melihatnya dijamin akan terkagum-kagum deh. Pasalnya ikan ini memilki slayer atau memilki sirip panjang yang terliat mirip dengan sutra. Ciri unik dan berbeda tersebutlah  yang membuat ikan ini terlihat menarik. Bahkan oscar veil teil ini sering digunakan untuk pameran.

Namun tahukah Anda? Ternyata macam ikan oscar ini memilki kelainan genetik. Selain itu dibalik siripnya yang panjang dan indah tersebut, membuatnya rawan rusak. Meskipun begitu, jenis ikan ini menjadi favorit kebanyakan orang untuk dipelihara di rumah karena bentuk tubuhnya yang sangat cantik tersebut.

11. Oscar Lemon

Oscar Lemon, Oscar Kuning, Macam Oscar

Variasi warna yang dimilki oleh ikan oscar memang terlihat sangat indah dan imut sehingga membut banyak orang tertarik untuk mengetahui. Salah satu jenis ikan oscar tercantik berikutnya yaitu ikan oscar Lemon. Jenis ikan ini sangat cantik sekali, dan jika Anda perhatikan sangat mirip sekali dengan warna buah lemon yaitu kuning.

Memang benar karena pada tubuh ikan oscar lemon ini memiliki gradien kuning pada tubuh yang sebagian besar berwarna putih. Pada tubuhnya sendiri, ikan ini memilki warna kuning polos dan cerah. Sedangkan padabagian ujung siripnya terdapat warna puting bening atau sedikt hitam. Harga jual ikan jenis ini sendiri berada di kisaran 50 ribuan untuk anakan dan 125 hingga 150 ribuan untuk yang dewasa.  

12. Oscar Lutino Red / Red Lutino Oscar

Oscar Led Lutino, Lutino Led Oscar

Selain verietas ikan oscar yang telah disebutkan diatas, ternyata masih banyak sekali variasi ikan yang menarik untuk diketahui. Sehingga bagi Anda yang tertarik untuk memelihara, ada banyak pilihan  menarik sesuai selera Anda. Salah satunya yaitu ikan oscar lutino red. Jenis ikan oscar ini pun juga sering disebut dengan ikan salmon lutino merah.

Ciri-ciri yang dimilkipun juga tak kalah menarik dari jenis ikan oscar lainya. Oscar lutino red memilki  dengan warna dasar putih atau cerah dengan kombinasi warna orange di tubuhnya. Sedangkan pada bagian siripnya terdapat warna coklat atau abu-abu.

13. Oscar Wild

Oscar Wild

Jenis ikan oscar berikutnya yang juga menarik sekali untuk dibahas yaitu ikan oscar wild atau juga sering disebut dengan nama wild oscar fish. Bukan hanya itu, ikan ini ternyata juga memilki nama ilmiah  Astronotus Osellatus.  Ciri-ciri dari ikan inipun sangat menarik sekali dengan warna dan corak tegas sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mengenalnya.

Nah, bagi Anda yang penasaran ikan ini memilki warna dasar yaitu gelap dengan adanya beberapa corak garis yang berwarna kuning keabu-abuan yang berbentuk melintang dari atas ke bawah. Pada rahangnya, ikan inipun memiliki warna kuning cerah.

Sedangkan pada pada pangkal ekornya, terdapat lingkaran kecil, serta pada terdapat warna orange atau merah pada ujung sirip ekor dan juga sirip punggungnya. Jadi, sangat bervariasi sekai ya warna ikan ini.

14. Oscar Wilde Crassipinnis

Oscar Wilde Crassipinnis

Selanjutnya, ikan oscar yang juga populer dan juga memilki bentuk serta variasi warna yang menarik yaitu wilde crassipinnis. Ikan ini terlihat sangat cantik sehinga jika Anda melihatnya pasti langsung ingin segera memilki. Bentuk dan juag warna dari ikan inipun sebenaarnya sangat mirip dengan ikan oscar wild yang dibahas di atas.

Ciri-ciri antara kedua jenis ikan tersebut sebenarnya juga sama, hanya saja yang membedakan yaitu pada ikan pscar wilde crassipinnis ini yaitu pada atas tubuhnya sedikit terdapat corak merah. Sedangkan pada oscar wild dasarnya yaitu gelap atau hitam tanpa corak diatasnya. Selebihnya, ciri-ciri yang dimilki oleh kedua jenis ikan oscar tersebut sama.

15. Oscar Wild Orbicularis

Oscar Wild Orbicularis

Selain jenis ikan oscar diatas, salah satu ikan oscar yang juga memilki bentuk dan warna berbeda yaitu ikan oscar wild orbicularis. Ternyata jenis oscar ini juga memilki memilki motif yang hampir sama dengan jenis ikan wild maupun wild crasspinni yang telah dibahas di atas.

Perbedaanya yaitu terletak pada warna dasar yang dimilki. Jika pada ikan wiild crassipinni warna dasarna hitam, pada ikan wild orbicularis ini memilki warna dasar abu-abu. Sedangkan pada tubuhnya memilki corak garis putih, terdapat bercak hitam pada punggung belakang, siripnya berwarna abu-abu. Pada pangkal ekornya pun juga terdapat bulatan hitam.

16. Oscar Wild Florida

Seperti yang kita ketahui,  ikan oscar ini terdapat pada sungai di  berbagai belahan dunia.  Salah satunya yaitu dapat dijumpai di Florida, Amerika Serikat. Di negara tersebut, terdapat varietas ikan oscar yang terkenal aitu ikan oscar wild florida. Jika Anda perhatikan, corak dan warna dari ikan jenis ini yaitu terlihat mirip dengan ikan oscar tiger.

Warna dasar tubuh  yang dimilki pun yaitu  hitam gelapdengan corak yaitu garis-garis kuning cerah. Pada pangkal ekor ikan inipun terdapat bulatan merah, sedangkan pada ujung sirip punggung dan juga  ekornya terdapat terdapat sedikit warna kuning. Pola dari ikan ini tentu saja sangat mudah dikenali ya.

17. Ikan Oscar Wild Venezuela

Ikan oscar berikutnya yang mana juga menjadi Jenis Ikan Oscar populer yaitu ikan oscar wild venezuela atau sering juga disebut dengan nama wild venezuela oscar fish. Seperti nama yang dimilki, tentu anda juga sudah paham  kan jika ikan ini berasal dari Venezuela.

Bagi Anda yang penasaran atau bahkan ingin memilki ikan ini untuk dipelihara, bentuknya pun  juga sangat cantik dan memilki ciri yang menarik ya. Diantaranya yaitu warna dasar tubuhnya  berwarna hitam pekat dengan adanya corak garis coklat. Pada bagian belakang ikan inipun terdapat terdapat bintik-bintik berwarna orange.

Menariknya lagi, pada pada pangkal ikan ini terdapat lingkaran berwarna kuning sehingga membuatnya tampak lebih cantik. Sedangkan pada ujung sirip ekor dan punggung ikan ini, terdapat bintik-bintik berwarna orange.

18. Ikan Oscar Wild Argentina

Ikan oscar  selanjutnya  yang menarik untuk kita bahas yaitu ikan oscar wild Argentina. Mengapa ikan ini dinamai demikian? Alasanya karena ikan ini ddapat dijumpai di Argentina tentu saja ya. ikan oscar inipun juga memilki bentuk dan warna yang cantik dan elegan sehinga membuat siapaun yang melihat pasti akan terpesona.

Ciri-ciri yang dimilki oleh ikan ini yaitu didiminasi dengan warna dasar yaitu kuning kecoklatan ya. nah, pada tubuhnya tersebut juga terdapat corak  hitam, sedangkan pada bagian siripnya memilki warna kuning bening. Cantik sekali deh pokoknya. 

19. Ikan Oscar Red / Oscar Merah

Jenis dari Ikan Oscarlainya yang masuk daftar  dalam pembahasan kali ini yaitu ikan oscar red tau juga sering disebut sebagai red oscar fish. seperti namanya, ciri dari  ikan ini tentu saja didominasi dengan warna  merah ya.

Jika Anda memperhatikan, ikan ini terlihat sangat cantik dengan warnanya yang indah sekaligus unik. Warna dasar yang dimilki ikan ini yaitu merah atau orange sedangkan pada bagian lain yaitu pada punggung ekor,sirip, serta perutnya yaitu berwarna abu-abu kehitaman. 

Selain itu, pada pagian kepala ikan ini memilki warna abu-abu hitam. Ikan yang satu ini sendiri harganya sekitar 100 hingga 125 ribuan saat ia sudah dewasa.

20. Ikan Oscar Super Red

Nah, jika diatas kita sudah membahas mengenai ikan oscar red,  ternyata ada juga Jenis Ikan Oscar super red.Namanya hampir sama bukan? Namun jangan salah ikan ini sedikit memilki perbedaan ya. ikan oscar super red ini memilki ciri yang menarik yaitu pada seluruh tubuhnya memilki warna merah cerah.

Warna berbeda yang terdapat pada ikan ini yaitu hanya terdapat pada perutnya,sirip ekor serta punggungnya yang sedikit berwarna putih. Oleh sebab warnanya sangat cantik dan menarik sekali, ikan ini sangat coock untuk Anda pelihara di rumah ya.

21. Blue Oscar

Jenis Ikan Oscar terakhir yang terbilang sangat indah dan menarik seklai yaitu blue oscar. Jenis ikan yang satu inipun juga sangat cocok seklai untuk Anda pelihara di rumah. Mengapa? karena ikan ini sangat cantik dimana pada seluruh tubuhnya ditutupi dengan warna biru kontras. Jika Anda melihatnya, pasti akan terkagum-kagum sekali deh.

Pola atau corak yang dimilki oleh ikan blue oscar inipun juga sedikat berbeda ya dengan jenis ikan oscar lainya. memangnya seperti apa? Nah, ikan ini memilki pola tidak memilki pola yang terlihat terputus-putus melainkan seperti saluran yang saling terhubung dimana didalamnya berwarna cerah. Sedangkan pada sisik ikan inipun terdapat garis biru gelap. Sangat menawan sekali pastinya.

Variatif sekali bukan jenis ikan oscar ini? Jika Anda ingin memeliharanya, maka silahkan pilih yang memang paling menarik hati. Tentu saja masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Karakteristiknya pun sudah berbeda antara jenis yang satu dengan yang lain.

Di samping itu, jangan salah bahwasanya ikan oscar ini sangat recommended dibudidayakan. Namun demikian, pastikan Anda juga mengikuti panduan budidaya yang baik dan benar sehingga bisa membawa banyak keuntungan.

Written by Portal Hewan