in

10 Cara Merawat Anakan Ikan Gabus Agar Cepat Besar

Merawat Anakan Ikan GabusIkan gabus mempunyai sederet kandungan gizi tinggi yang tidak kalah dengan ikan air tawar lainnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peminat terhadap ikan gabus. Banyak restoran atau tempat makan lain yang bersedia membeli ikan gabus untuk menjadi salah satu menu favorit. Cara budidaya ikan gabus cukup mudah dimulai dengan merawat anakan ikan gabus.

Merawat Anakan Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan sejenis ikan predator yang mempunyai habitat air tawar. Budidaya ikan gabus memang belum terkenal seperti budidaya ikan air tawar lainnya. Namun, ikan gabus juga mempunyai nilai jual yang melimpah sama halnya dengan penjualan ikan nila, bandeng, lele, dsb. Untuk merawat anakannya pun tidak cukup sulit dan berikut ulasannya.

Menyediakan dan Membuat Kolam Ikan

Ikan gabus mempunyai habitat asli yaitu hidup pada rawa-rawa. Ikan gabus juga hidup pada air tawar da air payau. Biasanya ikan gabus akan mati jika dipindahkan ke habitat baru yang bukan alami. apalagi jika habitat tersebut tidak terawat.

Maka dari itu, Sebelum memutuskan untuk membeli induk ikan gabus, sebaiknya mulai memilih akan membuat kolam seperti apa untuk bdidaya. Ada 3 jenis kolam yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan

  • Kolam terpal

Kolam terpal merupakan jenis kolam yang paling banyak diminati saat ini. Kolam ini tidak menyebabkan licin karena mengandung lumpur yang sedikit. Kolam terpal tidak akan mengalami kebocoran, hal ini tentu saja memberi kuntungan bagi penjual ikan gabus yang sulit menjangkau air bersih.

Merawat anakan ikan gabus tentu saja harus jauh dari hama. Kolam terpal juga tdak menimbulkan bau sehingga suhu di dalam kolam tetap terjaga.

  • Kolam tanah

Kolam tanah merupakan kolam tradisional yang dibuat dengan cara menggali tanah sampai pada kedalaaman tertentu kemudian ditimbun untuk menambah ketinggian kolam. Kolam tanah merupakan kolam yang paling hemat dalam penggunaan air karena langsung dari sungai.

Air yang berasal dari sungai biasanya mengandung plankton yang merupakan pakan alami ikan gabus. Didalam tanah juga mengandung pupuk yang membuat tanah menjadi subur.

  • Kolam beton

Kolam beton merupakan kolam yang paling sulit dalam pemeliharaannya. Selain itu prosess pembuatan kolam beton juga memakan waktu lama karena perlu melalui proses pengeringan. Jika menggunakan kolam beton, ikan tidak akan berbau lumpur karena kolam tidak tercemar lumpur.Air dalam kolam bisa tahan lama dan kolam akan lebih awet.

Meski begitu, merawat anakan ikan gabus menggunakan kolam beton lebih mudah pada saat datangnya masa panen dibandingkan dengan kedua jenis kolam lainnya.

Memilih Induk Ikan Gabus

Jika menginginkan anakan ikan dengan kualitas bagus, maka perlu memilih indukan yang sempurna. Termasuk indukan yang sehat, kuat dan aktif. Ikan gabus jantan cenderung memiliki genital berwarna merah dan jika ditekan mengeluarkan cairan bening.

Sedangkan untuk ikan gabus betina mempunyai genital dengan ukuran yang lebih besar dan mengeluarkan telur-telur kecil apabila ditekan. secara warna tubuh, ikan gabus jantan lebih gelap sedangkan ikan gabus betina berwarna kontras. Ikan gabus betina mempunyai kepala bulat sedangkan untuk ikan gabus jantan mempunyai kepala oval.

Proses Pemijahan

Proses pemijahan adalah proses pelepasan antara sperma dan kemudian menghasilkan pembuahan. Dalam proses ini, sebaiknya menyediakan 20-30 pasang ikan gabus. meletakkan indukan ikan gabus selama 3 atau 4 hari berada dalam kolam tersebut. Usahakan air selalu mengalir dalam kolam tersebut selama proses pembuahan. Biasanya ikan gabus betina bisa menghasilkan sampai 11.000 butir telur.

Kemudian letakkan pada kolam yang cukup luas dengan beberapa tanaman eceng gondok untuk menambah kenyamanan ikan gabus selama proses pembuahan.

Telur Ikan Gabus Yang Menetas

Selama proses pembuahan, sebaiknya memisahkan telur-telur tersebut ke dalam akuarium tersendiri dengan suhu air normal sekitar 20-23 derajat. Jangan biarkan telur-telur itu saling berhimpitan. Setidaknya beri jarak beberapa centimeter.

Telur-telur tersebut akan menetas dan menjadi anakan ikan gabus setelah 24 jam setelah dimasukkan ke dalam akuarium. Dalam merawat anakan ikan gabus selama 1 bulan pertama, akan diperoleh ikan dengan panjang 4-5 cm dengan pakan berupa cacing sutra. Pakan benih ikan gabus berupa cacing sutra diperoleh dari hasil ternak yang biasanya berukuran lebih kecil.

Cacing sutra hasil ternak biasanya berukuran lebih kecil dibanding cacing sutra hasil tangkapan di sungai yang umumnya berukuran lebih besar dan panjang. Hal itu bisa menyulitkan benih ikan gabus untuk makan dengan baik.

Pada saat memberi makan cacing sutra lebih baik dibuatkan tempat tersendiri atau jaring agar cacing tersebut tidak jatuh ke dasar kolam dan bersembunyi diantara endapan. Bisa juga jaring berisi cacing sutra di tali dengan sedikit menggantung sekitar 5cm dari bawah permukaan air.

Hal ini dilakukan saat merawat anakan ikan gabus dengan maksud untuk melatih dan membiasakan benih ikan makan pelet yang terapung. cacing sutra tersebut sebaiknya dibersihkan dulu sebelum diberikan pada benih ikan.

Menebar Benih

Dalam proses ini kondisi akuarium harus tetap bersih dengan suhu air yang tidak dingin namun juga tidak hangat. Mulai lakukan penyebaran benih apabila anakan sudah mencapai umur 2 minggu. Pada proses penyebaran benih, jangan memberi makan selama 2 hari dan hanya lakukan pada pagi hari. Setelah melewati 2 hari barulah anakan diberi makan kembali.

Pada tahap ini barulah anakan ikan gabus diberi makan pelet atau buatan pabrik setelah benar-benar dilakukan penyebaran benih. Waktu yang tepat untuk menebar benih ikan gabus adalah waktu sore hari karena matahari sudah tidak terlalu teriik lagi dan dengan kondisi yang ramah terhadap kondisi anak ikan gabus. Hal ini mempengaruhi keberhasilan dalam penyebaran benih ikan gabus.

Jika Anda menebarkan benih ikan gabus pada siang hari saat matahari sangat terik, akan mempengaruhi kondisi fisik benih ikan. Mereka bisa mengalami stress dan kondisi sakit kemudian berakhir dengan kematian. Tapi jika sudah telanjur, Anda bisa menambahkan suhu dengan cara menambah vplume air kolam agar tidak terlalu panas.

Merawat Anakan Ikan Gabus Agar Capat Besar

Anakan ikan gabus adalah kanibal, jadi selalu pastikan anakan ikan gabus makan dengan baik karena mereka bisa saling memakan satu sama lain jika sangat lapar. Merawat anakan ikan gabus yang masih dalam bentuk larva memang harus selalu diberi makan.

Merawat anakan ikan gabus pada 2 hari pertama setelah telur menetas dan menjadi larva Anda bisa memberi makan 3 kali sehari dengan makanan berupa artemia agar larva tersebut tumbuh dengan cepat. Setelah larva berumur 5 hari, Anda tetap memberi makan sebanyak 3 kali sehari seperti biasanya. Sesekali Anda bisa memberikan makanan tambahan seperti Daphina.

Anda bisa memberi makan dari pelet yang dibeli di toko makanan hewan atau bisa juga dengan membuatnya sendiri. Pakan ikan gabus buatan bisa berupa daging sisa, anakan rayap atau ikan teri. Bisa jga membuat pakan super dengan memberi campuran bekatul, jagung, ampas tahu, dan ikan teri. Rebus semua bahan tersebut dan kemudian digiling dalam satu wadah besar.

Anda perlu membiasakan dan mengajari ikan gabus dalam memakan pelet. Anda bisa menggunakan benih ikan lain yang sudah terbiasas menggunakan pakan pelet. Benih nila cenderung lebih murah. Anda bisa menggunakan benih ikan nila sebagai pancingan agar larva ikan gabus mau membiasakan diri untuk memakan pelet.

Saat diberi makan pelet, benih ikan gabus yang semula tidak memberiikan respon apapun, setelah melihat benih ikan nila memakan pelet, perlahan ikan gabus akan sedikit demi sedikit membiasakan makan pelet. Jika ada satu ikan gabus yang tertarik untuk makan pelet, maka benih ikan gabus yang lain juga ikut mencoba makan pelet.

Pakan pelet yang diberikan juga tiak boleh sembarangan. Ukuran pelet disesuaikan dengan besar mulut benih ikan gabus. Hal ini untuk mempermudah ikan memakan pelet. Untuk benih ikan gabus yang berusia satu bulan, pelet ukuran pf 500 sudah bisa diberikan.

Anda bisa mengganti pakan ikan gabus dari pakan alami menjadi pakan pelet. Dalam hal ini membiarkan benih ikan gabus tumbuh sampai sepanjang 4-5cm atau berusia satu bulan.

Apabila sudah mencoba menggunakana pakan pelet, lalu ingin memberikan cacing sutrasebagai varasi, sebaiknya dilakukan dalam jumlah yang banyak.

Proses Panen

Akhirnya tahap yang ditunggu telah tiba setelah bersabar dalam merawat anakan ikan gabus selama 6 bulan. Proses panen ikan gabus dilakukan dengan cara memisahkan ikan gabus dengan ukuran besar dan sedang sampai kecil.

Ikan gabus merupakan ikan yang paling dicari karena permintaan yang cukup banyak di pasar. Ikan gabus tidak akan cepat bau apabila disimpan diluar kolam. Selain itu, daging ikan gabus cukup tebal. Anda bisa menjual ikan gabus yang berukuran sedang sampai besar, sedangkan untuk ukuran sedang sampai kecil, bisa ditawarkan pada kerabat atau tetangga.

Selain untuk memisahkan harga, hal itu juga dilakukan agar ikan gabus besar tidak saling memakan ikan gabus yang kecil.

Keuntungan Panen Ikan Gabus

Dalam budidaya ikan gabus, keuntungan akan lebih didominasi daripada kerugian. Budidaya ikan gabus mempunyai tahap yang lebih mudah dan mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi. Selain itu, permintaan pasar terhadap ikan gabus akan selalu meningkat setiap harinya.

Dengan modal yang cenderung kecil dibanding budidaya ikan nila dan lele, namun persentase keberhasilan lebih tinggi. Selain modal, pembuatan pakan ikan gabus juga sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang mahal untuk membeli pakan. Anda bisa membuat pakan sendiri di rumah.

Salah satu kunci dalam merawat anakan ikan gabus adalah kesabaran. Meski proses panen mudah dan sangat cepat dijalankan. Butuh sebuah kesabaran terutama saat telur mulai menetas menjadi larva ikan. Harga ikan gabus semakin meningkat dari waktu ke waktu, hal ini tentu saja memberikan keuntungan yang lebih pada peternak ikan gabus.

Peluang Bisnis Ikan Gabus

Budidaya ikan gabus terbilang sangat potensial jika mencoba. Di pasar, kebutuhan ikan gabus semakin hari semakin meningkat.Namun, ada berbagai pilihan untuk berbisnis ikan gabus, diantaranya :

1. Budidaya ikan gabus segar

Peluang usaha yang bisa Anda pilih adalah dari membudidayakan ikan gabus. Harga per kilogram untuk ikan gabus di pasar berkisar antara 50.000. Jika keuntungan diperkirakan 20 persen dari penjualan per kilo, maka jika Anda berhasil panen dan mendapat omset 50 juta, keuntungan yang Anda peroleh adalah 10 juta rupiah. Menggiurkan bukan?

2. Budidaya ikan gabus hias

Selain usaha budidaya ikan gabus sebagai makanan, Anda juga bisa mencoba budidaya ikan gabus sebagai hewan hias. Keuntungan yang diperoleh juga tidak kalah menggiurkan dengan budidaya sebagai makanan. Hanya saja, dalam budidaya ini Anda tidak perlu menggunakan kolam besar sebagai tempat mengelola. Anda hanya perlu menyiapkan kolam secukupnya untuk membudidayakan ikan gabus sebagai hewan hias.

3. Budidaya olahan ikan gabus

Selain kedua jenis usaha diatas, Anda bisa mencoba usaha yang satu ini. Anda tidak perlu memelihara ikan gabus. Cukup dengan membelinya dari para peternak kemudian diolah menjadi makanan mentah hingga setengah matang yang dijual ke beberapa tempat. Keuntungan yang diperoleh juga tidak kalah menggiurkan.

Salah satu olahan ikan gabus yang sangat terkenal di Indonesia adalah ikan asin gabus atau sering disebut asin jambal roti. Ikan asin ini tetap mengandung kadar protein yang tinggi dengan tekstur daging yng empuk dan lembut.

selain ikan gabus asin, ada juga hasil olahan ikan gabus yang lain yaitu ikan gabus asap, ikan gabus giling, dan lainnya. Harga dari olahan tersebut sangat variatif. Hasil olahan tersebut bisa Anda temukan pada supermarket dan pasar tradisional terdekat di kota Anda..

Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

Berdasarkan beberapa penelitian, ikan gabus mempunyai banyak sekali kandungan gizi yang baik dan diperlukan untuk tubuh. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi ikan gabus adalah kandungan protein yang sangat tinggi yaitu 25%. Bahkan kandungan protein ini mengalahkan protein yang terdapat pada ikan bandeng, ikan kakap dan ikan mas.

Kandungan protein dalam ikan gabus juga berfungsi untuk pembentukan otot karena memiliki kandungan protein tinggi. Orang luar negeri sangat menyukai jenis ikan ini karena dapat membentuk otot. Tidak hanya itu, ikan gabus juga berfungsi untuk menyembuhkan luka. kandungan zat albumin dalam tubuh ikan gabus mampu menyembuhkan luka yang ada di dalam maupun di luar tubuh.

Kandungan albumin juga bis menjaga dan mengatur keseimbangan volume cairan dalam tubuh. Mengkonsumsi ikan gabus secara rutin akan menghindarkan dari kondisi gizi buruk. Protein ikan gabus sangat ramah dan bisa dikonsumsi oleh balita dan anak-anak.

Manfaat terakhir dari ikan gabus adalah mampu memperlancar sistem pencernaan Anda. Tekstur daging pada ikan gabus sangat lembut dan empuk. Hal ini karena tingginya kadar protein kolagen yang terkandung dalam daging ikan gabus.

Apapun jenis usaha yang dijalankan, salah satu kuncinya adalah sabar. Budidaya ikan gabus tidak akan berjalan dengan lancar apabila tidak mempunyai kesabaran dalam merawat anakan ikan gabus. Karena harga pasar semakin naik dan permintaan semakin tinggi, budidaya ikan gabus menjadi sorotan karena kemungkinan mengalami kerugian sangat kecil.

Selalu mengganti air setiap kali kolam mulai kotor dan mengawasi terutama terhadap pakan ikan gabus. Jangan sampai ikan gabus kelaparan dan saling memangsa satu sama lain dan kemudian hanya menyisakan yang terkuat. Hal ini tentu saja menyebabkan kerugian yang cukup besar. Jadi, selalu bersabar dalam merawat anakan ikan gabus. Selamat mencoba !

Written by Portal Hewan