in

13 Cara Memelihara Ikan Oscar dan Perawatan Harian

Cara Memelihara Ikan Oscar – Ikan oscar atau yang lebih dikenal Astronotus adalah jenis genus ikan dari kelompok famili Cichlidae. Dalam kehidupannya, terdapat dua spesies di genus tersebut, beruntungnya pula ditemukan dalam tempat yang sama yaitu Amerika Selatan. Ikan oscar termasuk dalam golongan jenis omnivora (pemakan segala). Dalam keberadaannya, tentu telah terdapat materi cara memelihara oscar.

Cara Memelihara Ikan Oscar, Cara Memelihara Oscar

Merupakan golongan omnivora, maka ikan oscar tergolong jenis ikan pemakan segala. Jenis ikan oscar ini dapat memakan beberapa jenis ikan kecil, moluska, dan binatang lain yang spesifikasinya tidak bertulang belakang. Astronotus Ocellatus yang beruoa nama ilmiah ikan ini, memiliki lama hidup sekitar 10 – 20 tahun dengan massa 1,4kg dan panjang 36cm.

Bagaimana Cara Merawat Ikan Oscar?

A. Proses Pemijahan Ikan Oscar

Pemijahan ikan oscar merupakan tahap berupa pembudidayaan dari dasar yang paling awal yaitu penentuan induk, perbedaan induk jantan serta betina, cara pemijahan, dan pemeliharaan benih. Mengingat merupakan jenis ikan hias yang agak sulit untuk dirawat, maka dalam tahapnya harus telaten serta tekun dalam pelaksanaannya.

1. Tahap Awal Pemijahan

Pada tahap awal seperti penentuan induk. Cara memelihara ikan oscar memiliki beberapa syarat yang harus dilaksanakan, seperti pemijahan yang dilakukan harus dilaksanakan dengan jenis oscar yang telah melalui masa cukup umur. Induk yang baik untuk melakukan pemijahan adalah yang berusia 1,5 tahun hingga 2 tahun. Penentuan ini merupakan klasifikasi resmi yang telah ditentukan.

Penentuan umur pemijahan ini ditetapkan melalui ikan oscar saat usia remaja saat 5 – 6 bulan. Pada saat pemijahan induk di penentuannya, dilakukan dengan cara seperti yang telah dilakukan pembudidaya pada umumnya. Dalam satu akuarium maka akan dicampur antara 2 spesies jantan dan betina pada masing – masing ikan oscar.

Saat itu pula, ikan oscar akan dengan sendirinya memilih jenis ikan yang akan digunakan dalam tahap perkawinan. Pada faktanya pula pada cara memelihara ikan oscar, ikan ini akan memilih jenis ikan yang dengan tipe subur dan perkembangbiakan yang baik. Mengingat Ikan Oscar merupakan ikan yang selektif, maka dia akan dengan mudah untuk menemukan bibit yang diinginkan.

Perbedaan pada induk jantan serta induk betina terdapat pada beberapa ketentuan. Induk jantan memiliki panjang tubuh relatif lebih panjang dari induk betina. Yang kedua, induk jantan memiliki tingkat kematangan lebih awal daripada induk betina. Dan yang ketiga, induk jantan memiliki lubang kelamin yang lebih besar daripada induk betina.

2. Proses Pemijahan Lanjutan

Untuk proses pemijahan memerlukan beberapa proses yang terbilang untuk melatih kesabaran dan ketekunan. Cara pemeliharaan ikan oscar yang pertama, cukup siapkan air yang telah diendapkan dalam kurun waktu 12- 24 jam setinggi 3-30 hingga 40cm. pada tahap ini, cukup melakukan perkiraan agar benar supaya tidak meleset salah atau hal lain yang terjadi.

Yang kedua, sepasang induk Ikan Oscar yang telah masak telur dimasukkan ke dalam akuarium / bak / penampungan lain yang telah disiapkan sebelumnya. Jangan pernah melakukan pemijahan Ikan Oscar pada penangkaran, karena akan menyulitkan perawatan Ikan Oscar sendiri. Hal selektif ini akan mengingatkan kepada betapa pentingnya ketekunan.

Selanjutnya, yang ketiga. Pada tiap tiap tempat penampungan ini beri batu gamping dengan intensitas warna gelap. Batu gamping ini akan memudahkan perubahan suasana hati dan pikiran Ikan Oscar ke arah yang lebih baik. Setelah dari hal tersebut, maka Ikan Oscar akan dengan mudah dalam perkembangbiakan selanjutnya.

Lalu yang ke empat, batu gamping yang telah diletakkan pada tempat penampungan berfungsi sebagai tempat telur dari induk Ikan Oscar. Telur yang berada diatas batu gamping itu dibuahi, diangkat, serta dimasukkan ke dalam tempat penampungan seperti akuarium untuk diretaskan. Akuarium yang digunakan pun harus cukup dan memadai untuk telur sepasang induk.

3. Tahap Akhir Pemijahan

Dan tahap akhir yaitu ketika usia kurang lebih 3 hari, maka umumnya telur tersebut akan mulai meretas dan berkembangbiak layaknya Ikan Oscar pada umumnya. Saat itu pula, kebersihan dan perawatan lain yang menyangkut ikan harus lebih ditingkatkan dan digiatkan mengingat ikan ini merupakan jenis ikan yang perlu untuk perhatian dan ketelitian besar.

Mengenai pemeliharaan benih, Ikan Oscar butuh diberi makan setara saat berusia 5 hari setelah pemijahan induk. Untuk jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh Ikan Osca adalah jenis Rotifora. Lalu menyusul hari ke 10 dapat diberi makan berupa Kutu Ari yang sudah disaring. Makanan yang digunakan ini memerlukan penyeleksian ketat guna perkembangbiakan yang mudah.

Pada usia sekitar kurang lebih 2 minggu, benih Ikan Oscar mulai bisa diberi makan berupa Kutu Ari tanpa saring. Benih tersebut telah bisa dipindah ke bak atau kolam yang lebih luas namun jangan pernah dirawat melalui penangkaran. Karena itu hanya akan mempersulit perkembangbiakan. Hal ini dapat dilakukan menjelang usia 25 hari.

4. Proses Pembesaran Ikan

Pembesaran ikan dikerjakan sesudah benih berusia kurang lebih pada 25 hari. Pembesaran bisa ditebar kurang lebih 300 ekor Ikan Oscar dari hasil pembenihan. Teriknya sinar matahari yang mempengaruhi proses pembudidayaan, dapat diakali dengan cara diberi tanaman berupa eceng gondok yang dapat menetralisir hawa dan keadaannya.

Penjerangan dikerjakan sesudah benih Ikan Oscar ada di penampungan sepanjang kurang lebih satu bulan dengan jumlah yang terdapat 200 ekor. Makanan yang diberikan saat usia 5 – 6 bulan bisa berupa cacing rambut. Usia ikan pada saat itu termasuk bisa dijadikan induk pada saatnya dan bisa dikembangbiakkan pada umumnya.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Oscar di Aquarium, Kolam Terpal dan Tembok

B. Cara Memelihara Ikan Oscar saat Anakan

Astronotus Ocellatus atau yang lebih dikenal dengan ikan oscar ini merupakan ikan hias yang dianggap paling cerdas diantara ikan. Ikan oscar ini memiliki keunggulan berupa perawatan dan pembudidayaan paling mudah diantara ikan hias yang lainnya. Dibandingkan dengan ikan hias lain yang dirawat dalam aquarium, ikan ini memiliki jenis yang paling mudah untuk dirawat.

Ikan oscar sendiri memiliki daya ingat yang paling bagus dan cerdik serta panjang. Cara memelihara ikan oscar ini pun tergolong mudah dan tidak memerlukan berbagai kesulitan. Misal saja untuk melatih trik – trik tertentu dalam melatih ikan oscar supaya berkembang, maka ada pula kemudahan yang akan diperoleh dalam perawatannya.

1. Mengenal Jenis Ikan Oscar dengan Baik

Ikan oscar sendiri memiliki macam jenis warna yang berbeda – beda. Namun, warna yang kerap kali dan sering untuk diadopsi untuk sekarang adalah Warna Hitam yang memiliki perpaduan ornament warna merah cerah dan sering disebut dengan ikan oscar batik. Disebut sebagai ikan oscar batik, karena warna yang dimiliki beragam seperti motif batik pada umumnya.

Yang kedua terdapat ikan oscar albino dengan mata merah transparent. Dalam jenis ikan yang kedua ini memiliki ciri-ciri seperti mata merah transparent, memiliki nuansa biru pucat hingga kekuningan. Ikan oscar albino ini merupakan jenis Ikan oscar yang paling sering diadopsi oleh beberapa pihak karena warnanya yang menarik perhatian.

2. Memisahkan Ikan Oscar dari Ikan Liannya

Dalam cara memelihara ikan oscar, ikan ini merupakan jenis ikan yang tidak bisa dipelihara dalam satu akuarium bersama dengan ikan hias lainnya. Alasan tersendiri adalah ikan ini merupakan jenis ikan hias yang dapat dengan mudah berkembang tumbuh besar. Ikan oscar juga merupakan jenis ikan hias yang cepat dalam perkembangbiakan.

Untuk jenis Ikan oscar sendiri merupakan ikan hias yang memiliki kapasitas makanan paling banyak diantara yang lainnya. Selain itu ikan ini akan terus menerus mengeluarkan kotoran yang telah dicerna di akuarium tempat tinggalnya. Ini dikarenakan ikan oscar merupakan jenis ikan omnivore, dimana segala kebutuhan pangan dapat dengan mudah diperoleh.

Meskipun perawatan dan pemeliharaan ikan oscar tergolong mudah, namun dalam kualitasnya pun harus diteliti sedemikian rupa. Misal dari yang paling dasar, ikan oscar tidak bisa dicampur perawatannya dalam satu akuarium dengan ikan hias lain. Meningat, perkembangbiakan ikan ini sangat cepat dan mudah.

3. Memperhatikan Kualitas Air Ikan Oscar

Dalam hal ini ikan oscar juga memerlukan kualitas air yang jernih dan terdeteksi aman untuk kehidupan ikannya. Hal ini disarankan, karena pembudidayaan oscar haruslah yang terbaik. Mengingat ikan tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam pasar ikan dan dapat meraup keuntungan yang tiada tara bagi pemiliknya.

Dalam kualitas air, disarankan bagi pembudidaya agar selalu mengganti air yang dimiliki setidaknya dua kali dalam seminggu. Hal tersebut berguna untuk melakukan penyedotan agar kotoran dalam akuarium dapat keluar dan berkurang. Maka akuarium dapat menjadi bersih dan terawat serta dapat digunakan untuk pembudidayaan yang lebih baik.

Kualitas air dalam pembudidayaan ikan oscar merupakan hal yang penting dalam pembudidayaan ikan yang masih anakan. Ikan oscar memiliki pengaruh mood yang tinggi. Sehingga, ikan tersebut bisa sangat agresif ketika ditempatkan dengan ikan hias lain dalam satu akuarium. Maka dianjurkan apabila satu akuarium khusus digunakan untuk jenis ikan oscar saja.

Ikan oscar apabila pada perawatan dasar mulai dari hal yang kecil saja sudah salah, maka akan berpengaruh dalam dampak jangka panjang. Misalnya saja dari pengaruh kualitas air yang digunakan untuk perawatan. Apabila kualitas air buruk maka akan memicu perubahan dari mood ikan oscar tersebut, sehingga berdampak buruk pada perkembangbiakan selanjutnya.

4. Penempatan Ikan Oscar yang Benar

Pada satu akuarium, disarankan untuk memelihara ikan oscar antara berpasangan dan berkelompok hanya pada 4 hingga 5 ikan saja. Sehingga pembudidaya tidak kesulitan dalam memelihara ikan tersebut. Ikan ini merupakan jenis yang paling kesulitan apabila dibudidayakan dalam penangkaran pada umumnya.

Disebabkan pada faktor utamanya yaitu untuk mencari pasangan dalam perkembangbiakan. Dalam hal ini, Ikan Oscar cenderung bersifat pemilih. Ikan oscar akan lebih ingin memilih ikan yang memiliki intensitas kesuburan matang dalam kehidupannya. Kesuburan ikan tersebut berpengaruh penting dalam perkembangbiakan tersebut.

C. Perawatan Ikan Oscar Harian Secara Rutin

Ikan oscar dalam pembudidayaan perlunya perawatan yang rutin dan telaten. Biasanya perawatan oscar tidak hanya dinilai dan dipelajari melalui jenis makanan, lingkungan dan sebagainya. Melainkan juga melalui hal yang paling sederhana dari suhu aquiarium, jenis ikan oscar lain yang akan dicampur, dan juga perkembangbiakan seperti apa yang akan disiapkan.

Jenis ikan oscar sendiri merupakan ikan hias air tawas bernuansa tropis yang berasal dari lembah Amazon, di Amerika Serikat. Mereka popular di kalangan para pembudidaya ikan pada umumnya. Ini disebabkan karena oscar memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri dibandingkan dengan ikan hias jenis lainnya.

Pada umumnya, ikan ini dijuluki sebagai ikan hias jenis Velvet Cichlids atau Astronotus. Jenis ikan oscar ini merupakan jenis ikan hias yang sulit untuk hal perawatan, meskipun terbilang mudah dalam hal perkembangbiakan. Jangan salah pula, ikan ini tidak direkomendasikan bagi pembudidaya ikan pemula pada umumnya.

1. Ketentuan Akuarium Untuk Ikan Oscar

Ikan oscar pada usia dewasa memiliki ukuran badan yang cukup besar, sehingga akuarium yang digunakan pun harus menyesuaikan sama besarnya. Pada umumnya, ikan ini merupakan ikan yang memiliki mood. Sehingga apabila dari yang paling dasar yaitu akuarium saja sudah salah, maka ikan ini akan berdampak pada stress tersendiri.

Apabila dibandingkan dengan jenis ikan hias yang lainnya, cara memelihara oscar memiliki tingkat perhatian yang paling besar dibanding dengan jenis ikan hias lainnya. Umumnya, ikan oscar merupakan jenis ikan yang aktif, agresif, dan perubahan yang signifikan dapat diketahui dengan mata bulat. Sehingga tidak heran apabila perubahan air yang ada pun sangat dapat diketahui.

Tergolong ikan yang tidak cocok untuk hidup bersama dengan jenis ikan yang lain, oscar merupakan jenis ikan yang memerlukan perawatan khusus. Ikan oscar cenderung ikan yang lebih senang untuk berkumpul dengan sejenisnya dalam jumlah yang kecil. Untuk itu gunakan intensitas ikan yang tidak terlalu banyak pada satu akuarium.

2. Menata Suhu Akuarium dengan Benar

Suhu akuarium untuk cara pemeliharaan Ikan Oscar adalah pada rentan 23 – 27 derajat Celcius. Keseimbangan pH untuk Ikan Oscar yaitu pada antara 6 – 8. Selain itu, perubahan kadar air juga akan mempengaruhu kehidupan okan oscar itu sendiri. Tergolong sebagai ikan yang sensitive, ikan ini akan mempengaruhi kadar ammonia yang meningkat.

Pada beberapa kejadian, ikan oscar dalam akuarium akan memerlukan pemanas akuarium dan penyaringan air yang bagus. Apabila dalam masalah ini tidak segera diselesaikan, maka ikan oscar akan berubah suasana hatinya menjad stress, agresif, nafsu makan berkurang, serta warna tubuh hilang hingga perasaan yang tidak bahagia.

3. Dekorasi Sederhana Saja

Pada akuarium yang digunakan untuk penempatan ikan oscar sendiri tidak memerlukan dekorasi yang terlalu mewah. Cukup sederhana dan membuat ornamen serta hiasan yang mudah ditemukan. Biasanya ikan oscar dapat dengan mudah dalam mengatur suasana tubuh serta pikiran yang bergantung pada lingkungan itu sendiri.

4. Pembibitan Ikan Oscar

Pada tahap awal seperti bibit untuk ikan oscar, maka cara memeliharanya bisa dilakukan dengan mudah namun proses yang dijalani tidak semudah dengan apa yang dibayangkan. Pembibitan ikan oscar tergolong merupakan yang paling sulit dibanding dengan ikan hias lainnya. Kesulitan ini terdapat pada perkawinan antar sebangsa ikan yang terjadi.

Lalu faktor utama lainnya yaitu sifat ikan oscar yang tergolong selektif dalam memilih pasangan untuk perkembangbiakan. Biasanya ikan oscar cerdas dalam memilih bibit perkawinan dengan ikan lain yang subur. Kesuburan ini akan meningkatkan kemudahan dalam perkembangbiakan menjadi hal yang lebih mudah dalam proses pembudidayaannya nanti.

5. Perkawinan Ikan Oscar

Usia perkawinan ikan oscar pun cenderung kurang mudah, umur untuk melakukan pemijahan adalah sekitar 16 – 24 bulan pada umumnya. Saat itu akan terdapat dua pilihan yang harus ditentukan. Seorang pembudidaya akan membeli pasangan ikan oscar yang pernah menghasilkan keturunan. Atau tidak, bisa membeli Ikan oscar yang muda dan merawatnya secara bersamaan.

Opsi yang kedua, meskipun alami namun harus memakan waktu yang lama. Mengingat ikan oscar harus membangun komunikasi dan organisasi yang baik dengan ikan lain yang menjadi bibit perkawinannya. Maka dari itu, oscar harus diberi trik yang mudah dan sebanding mengingat merupakan jenis ikan cerdas yang dapat dengan mudah dilatih trik dan wawasannya.

Jadi Kesimpulan yang dapat diperoleh, bahwasanya cara memelihara ikan oscar memiliki pembudidayaan yang sulit namun perkembangbiakan yang mudah. Maka dari itu, ikan oscar harus dirawat dengan telaten dan sungguh – sungguh mengingat perawatan yang tidak mudah. Selain itu, ikan tersebut juga memiliki sifat selektif dalam perkembangbiakan bibit perkawinan.

Disamping itu pula, ikan oscar memiliki daya tarik berupa warna tubuh yang unik serta memiliki kecerdasan lebih baik dari ikan hias lainnya. Hal ini yang menyebabkan, ikan oscar selalu ramai diburu oleh kalangan pembudidaya ikan pada umumnya.

Written by Portal Hewan