in

12 Jenis Makanan Ikan Piranha dan Cara Pemberian

Makanan Ikan Piranha – Bagi penggemar ikan hias, ikan piranha mungkin menjadi salah satu ikan  yang menjadi favorit untuk dikoleksi. Ketenaran jenis ikan karnivora adalah karena sifatnya yang buas hingga disebut sebagai jenis ikan predator. Disebut predator, karena pakan ikan piranha adalah berupa daging dan makhluk hidup sejenis, sehingga ikan ini juga masuk dalam jenis hewan karnivora.

Makanan Ikan Piranha, Pakan Piranha, Jenis Pakan Piranha, Pakanan Utama Piranha

Sekilas ikan ini memang nampak mengerikan bila dilihat dari deretan giginya yang runcing dan tajam. Bentuk gigi yang demikian merupakan ciri dari ikan pemakan daging, karena  bentuk gigi yang runcing dan  tajam diperlukan untuk mencabik-cabik mangsanya. Sebelum memutuskan untuk memelihara-nya, sebaiknya diketahui dulu, apa saja makanan ikan piranha yang sehat dan paling disukai.

Apa Saja Makanan Ikan Piranha?

A. Pakan Piranha dari Ikan Hidup

Ikan piranha adalah jenis ikan tawar yang berasal dari perairan sungai di Amerika Selatan. Ikan ini terdapat di Sungai Orinoco Venezuela dan menyebar hingga ke Sungai Parana di Argentina. Sebenarnya ikan ini termasuk jenis ikan omnivora, karena selain makan daging, ikan ini juga makan jenis rerumputan yang ada di sekitar perairan tempatnya tinggal.

Tetapi pada faktanya, ikan piranha ini bisa menjadi kanibal apabila dalam keadaan terdesak. Ikan yang sangat agresif ini akan saling berebut makanan. Makanan utama piranha berupa tumbuhan dan binatang kecil seperti serangga, udang, ulat dan ikan kecil lainnya. Apabila sumber makanan yang ada di sekitarnya habis, maka ikan ini berubah menjadi kanibal dan saling  makan sesama temannya.

Ikan piranha bisa makan makanan yang berupa binatang hidup, dan bisa juga berupa daging dari binatang yang sudah mati atau yang dibekukan. Selain itu, piranha juga bisa makan pakan tambahan yang bisa didapatkan di toko-toko penjual makanan ternak / ikan hias. Berikut ini pakan ikan piranha yang berupa pakan hidup:

1. Ikan guppy

Ikan gupy adalah sejenis ikan hias air tawar yang memiliki ciri-ciri warna  dan bentuk yang bermacam-macam. Ikan gupy menjadi salah satu makanan ikan piranha yang dipilih, karena ikan jenis ini sangat mudah perkembangbiakannya. Karena memiliki tingkat reproduksi yang tinggi, ikan ini jadi cepat sekali berkembang biak, sehingga harganyapun relatif murah.

2. Cacing tanah

Cacing tanah merupakan makanan kesukaan ikan piranha. Hewan yang dikenal sebagai hewan penggembur tanah ini sangat mudah didapatkan. Cacing tanah biasanya banyak dijumpai di tempat /tanah yang cenderung basah. Di dekat tumbuhnya pohon pisang, atau tanah dekat kolam, akan banyak dijumpai binantang semacam ini.

3. Cacing air

Cacing air atau biasa disebut cacing sutra mempunyai tempat tinggal yang jelas, yaitu di air. Cacing jenis ini mempunyai ciri berbadan halus seperti sutra, dan memiiki surai-surai seperti rambut. Hewan ini biasa hidup di perairan air tawar yang  dangkal dengan arus yang tidak terlalu deras. Karena bentuknya yang kecil, binatang ini sangat disukai ikan piranha.

4. Ikan cichlid

Ikan cichild termasuk dalam golongan ikan hias air tawar. Ikan yang berasal dari perairan sungai-sungai di Amerika ini termasuk ikan yang cepat sekali berkembang biak. Uniknya, ikan ini juga mempunyai sifat yang agresif dan merupakan ikan yang sangat rakus. Ikan piranha sangat menyukai jenis ikan ini karena gerakannya yang lincah yang merupakan tantangan baginya.

5. Anak ikan mujair

Ikan yang juga merupakan ikan konsumsi ini merupakan ikan yang berasal dari perairan air tawar. Mengapa anak ikan mujair dipilih sebagai makanan ikan piranha? Karena ikan ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan ikan piranha. Selain itu, dipilih anak ikan, karena ukurannya  yang masih kecil memudahkan ikan piranha untuk menyantapnya.

Bagi pemelihara ikan piranha tidak perlu repot mencari jenis ikan yang menjadi pakan utamanya. Karena ikan-ikan yang merupakan makanan ikan piranha ini bisa dibeli di beli di toko-toko penjual makanan ikan hias. Selain itu, jenis ikan-ikan tersebut juga bisa didapatkan dari peternak yang memang membudidayakan jenis ikan tersebut sebagai pakan ikan hias.

B. Pakan Ikan Piranha dari Ikan Laut Beku

Selain diberi pakan berupa pakan hidup ikan piranha juga bisa diberikan makanan berupa ikan laut yang sudah dibekukan. Biasanya makanan ikan piranha yang sudah dibekukan ini diberikan sebagai variasi dan selingan. Selain itu, biasanya para pemelihara ikan piranha lebih memilih memberikan  pakan dari ikan yang sudah dibekukan untuk menghindari bahaya infeksi dan kontaminasi. Berikut jenis pakan dari ikan laut beku:

1. Ikan ekor kuning

Ikan jenis ini memiliki nama dan sebutan yang banyak, yaitu fusilier, suli, sulih, sulim dan susin. Ikan ini merupakan ikan laut dari perairan indo pasifik. Bagi manusia, ikan ekor kuning bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat. Tetapi bagi ikan piranha, ikan ekor kuning ini merupakan sumber protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

2. Ikan selar

Sama seperti ikan ekor kuning, ikan selar juga merupakan ikan laut yang berasal dari perairan indo pasifik. Ikan yang juga memiliki sebutan yellow stripscod ini merupakan ikan dari suku carangidae yang memiliki ukuran sekitar 15 cm. Ukurannya yang kecil sangat pas dijadikan santapan bagi ikan piranha. Di tempat asalnya, ikan ini merupakan ikan andalan tangkapan nelayan lokal yang berburu ikan untuk dijual.

3. Ikan kaca-kaca

Disebut ikan kaca-kaca, karena ikan memiliki bentuk tubuh yang transparan sehingga kelihatan tulang-tulangnya. Ikan ini sangat cepat berproduksi sehingga dipilih untuk dijadikan makanan ikan piranha yang dibekukan karena mudah didapatkan. Ikan ini termasuk ikan air tawar yang juga sangat disukai dan menjadi buruan bagi ikan-ikan lain yang lebih besar.

4. Ikan tombro

Ikan tombro adalah ikan tawar yang dibudidayakan untuk dijadikan ikan konsumsi. Ikan jenis ini juga mempunyai kandungan protein yang tinggi. Protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru. Itu sebabnya, ikan tombro dipilih sebagai pakan piranha agar ikan yang dipelihara bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

C. Pakan Ikan Piranha Lainnya

Selain makanan hidup dan pakan yang sudah dibekukan, makanan apa yang cocok untuk ikan Piranha? Pemelihara ikan piranha juga bisa memberikan sang ikan peliharaannya dengan makanan alternatif. Pakan alternatif diberikan sebagai selingan agar ikan piranha peliharaan tidak hanya mengkonsumsi makanan yang sama. Makanan ini bisa diberikan tiap 2-3 hari sekali. Pakan alternatif ikan piranha yang lainnya yang bisa diberikan adalah:

1. Pelet

Pelet adalah campuran dari beberapa bahan makanan dengan berbagai komposisi / kandungan nutrisi tertentu. Pelet ini khusus dibuat sebagai makanan tambahan bagi ternak, termasuk ikan piranha. Pelet yang dibuat khusus untuk pakan ikan ini sudah sangat jelas kandungan nutrisinya, yang memang diperuntukkan bagi makanan ternak.

Pelet menjadi pilihan bagi pemelihara ikan piranha, karena dari segi dana, pelet sangat membantu untuk menekan biaya pembelian pakan ikan. Selain harganya yang relatif murah, dan kandunfan gizinya yang lengkap, pelet bisa didapatkan dengan mudah. Setiap penjual makanan ternak/ ikan hias, pasti menyediakan pakan jenis ini.

2. Daging sapi

Daging sapi adalah makanan ikan piranha lainnya yang bisa diberikan. Cara mendapatkannya juga sangat mudah. Di pasar-pasar, kios daging banyak dijumpai daging sapi. Namun ada satu yang harus diperhatikan, pemberian daging sapi ini jangan terlalu sering. Karena daging sapi termasuk makanan yang sulit dicerna, jadi akan berakibat tidak baik (g: (*6) ) bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan piranha.

3. Hati sapi

Seperti halnya daging sapi, hati sapi bisa dipilih menjadi makanan ikan piranha yang lainnya. Karena hati sapi mempunyai aroma khas yang sangat amis yang sangat disukai ikan piranha yang termasuk dalam golongan ikan karnivora / pemakan daging. Tetapi pemberian pakan berupa hati sapi juga tidak boleh terlalu sering, karena hati mengandung lemak tinggi. Lemak bisa mengganggu proses metabolisme dalam tubuh ikan piranha.

Pemilihan jenis makanan yang akan diberikan kepada ikan piranha tergantung kepada pemiliknya sendiri. Karena semua berhubungan dengan dana dan anggaran. Apabila dana yang dimiliki berlebih, pemilik ikan bisa dengan mudah membeli makanan ikan tersebut. Tetapi bila dana yang tersedia terbatas, pemilik ikan bisa mencari alternatif dengan mencari sendiri makanan ikan piranha di alam.

Mencari makanan ikan piranha di alam bebas tidaklah sulit. Apalagi bagi orang yang tinggal di daerah pedesaan, makanan yang dimaksud banyak terdapat di alam sekitar. Seperti cacing tanah, bisa dengan mudah didapatkan di kebun atau halaman sekitar rumah. Cacing tanah biasanya banyak dijumpai di tanah yang agak basah, seperti di sekitar tumbuhnya pohon pisang.

Sementara untuk jenis udang, serangga, ulat dan ikan kecil juga banyak dijumpai di alam sekitar. Udang dan ikan-ikan kecil banyak terdapat di sungai-sungai sekitar rumah. Di daerah pedesaan yang sungainya belum tercemar, ikan-ikan kecil dan udang dengan mudah bisa didapatkan. Kalau untuk serangga dan ulat, bianatang-binatang ini banyak terdapat di kebun dan pepohonan di sekitar rumah.

Tips dan Cara Pemberian Pakan Ikan Piranha

Memelihara ikan predator ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Asalkan tahu cara perawatannya dan pola memberi makan ikan piranha tersebut . Yang perlu diperhatikan di sini adalah soal makanan ikan piranha. Makanan ikan adalah faktor utama apakah ikan peliharaan nanti dapat berkembang dan hidup sehat atau sebaliknya, akhirnya mati. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan makan pada ikan pirannha.

1. Kebersihan Makanan

Sudah diuraikan di atas beberapa jenis makanan ikan piranha yang bisa diberikan. Baik itu makanan yang berasal dari makanan hidup maupun makanan yang sudah dibekukan dan juga makanan lainnya. Yang perlu diperhatikan dari semua jenis makanan tersebut adalah, makanan itu harus terjaga kebersihannya dan bebas dari bahan kimia.

Kebersihan pakan sangat penting untuk diperhatikan, karena menyangkut kesehatan ikan yang dipelihara. Apabila makanan yang dikonsumsi ikan piranha itu bersih, maka otomatis hewan air yang kita dipelihara dapat tumbuh dengan sehat, dan  ikan-ikan tersebut dengan mudah dapat berkembang biak.

Selain kebersihan, hal lain yang harus diperhatikan dalam memberi makanan ikan piranha adalah, makanan ikan tersebut harus bebas dari bahan kimia. Apabila makanan yang diberikan pada ikan piranha mengandung bahan kimia, maka bahan kimia tersebut akan masuk ke dalam tubuh ikan dan merusak jaringan dan pencernaan ikan. Maka, besar kemungkinan ikan piranha  tersebut akan mati.

Seperti kita tahu, makanan ikan piranha bisa berupa makanan hidup dan makanan yang yang sudah dibekukan dan juga makanan lain berupa pelet dan daging sapi juga hati sapi. Makanan yang berupa pakan hidup dan makanan ikan yang sudah dibekukan, semua berasal dari perairan baik sungai maupun laut. Tempat asal makanan tersebut biasanya rawan dari bahan kimia, akibat pencemaran.

Pencemaran sungai atau laut biasanya berasal dari limbah-limbah industri yang berasal dari pabrik dan dibuang ke laut atau sungai. Limbah-limbah ini banyak sekali mengandung bahan kimia berbahaya, yaitu merkuri. Ikan yang hidup di perairan yang sudah tercemar, dan makan makanan yang berada di lokasi tersebut, otomatis juga akan mengandung merkuri dalam tubuhnya.

Ikan yang sudah tercemar oleh bahan kimia berupa merkuri, apabila ikan tersebut dijadikan makanan bagi ikan lain. Dalam hal ini akan berdampak pada kesehatan ikan yang dipelihara. Kandungan merkuri yang terdapat pada makanan ikan piranha, juga ikut masuk ke dalam tubuh ikan yang dipelihara. Bahan merkuri ini akan merusak jaringan yang ada dalam tubuh ikan dan bisa menyebabkan kematian pada ikan tersebut.

Untuk itu, dalam memberikan pakan pada ikan piranha harus benar-benar diperhatikan kebersihan dan juga bahan kimia yang kemungkinan berada dalam tubuh ikan yang menjadi makanannya. Apabila sudah diketahui ikan-ikan yang merupakan makanan dari ikan piranha tersebut berasal dari perairan yang sudah tercemar dan mengandung merkuri, lebih baik dibuang saja.

2. Jadwal Pemberian Makan

Memberikan makan pada ikan tidak boleh sembarangan., tetapi harus mengikuti aturan, misalnya tentang waktu pemberian makanan. Harus diketahui, ikan piranha adalah jenis ikan yang sangat agresif dan buas. Keagresifan ikan ini akan semakin bertambah apabila dalam kondisi lapar. Apabila ikan piranha ini sedang lapar, dia akan menyerang siapa saja yang ada di dekatnya, termasuk temannya sendiri.

Banyak terjadi kasus yang dialami para pemelihara ikan piranha, karena telat  memberi makan, ikan peliharaannya menjadi sangat buas dan agresif. Akibatnya terjadi pergulatan dengan temannya sendiri, dan temannya yang kalah akan menjadi santapannya. Untuk itu sebaiknya memberi makan pada ikan piranha dilakukan rutin setiap hari. Jangan sampai terlambat agar ikan tidak berubah menjadi kanibal.

3. Jenis Makanan Bergantian

Makanan ikan piranha ada banyak macamnya. Dari makanan yang berupa maknanan hidup maupun makanan dari ikan yang sudah dibekukan dan makanan jenis lainnya. Bagi pemelihara ikan piranha, memberikan pakan pada ikan piranha sebaiknya dilakukan secara bergantian. Apabila hari ini diberi makanan hidup seperti udang, ulat, atau ikan lainnya, besoknya sebaiknya diberikan makanan berupa makanan beku atau bisa juga diberi pelet.

Para pemelihara biasanya lebih senang memberi makan pada ikan piranha dengan makanan beku atau pelet. Pemberian pakan hidup sering dihindari untuk menghindari bahaya infeksi dan kontaminasi yang disebabkan oleh makanan ikan piranha yang berupa ikan hidup. Karena apabila pakan hidup itu tidak sehat dan terinfeksi bakteri, bisa menular pada ikan piranha yang memakannya.

Kalau memberi pakan hidup, para pemelihara ikan piranha lebih memilih memberi makan berupa ikan gupy. Karena jenis ikan yang satu ini sangat mudah dikembangbiakkan, sehingga mudah didapat dan harganyapun tidak terlalu mahal. Selain ikan gupy, para pemelihara ikan piranha juga memberikan makanan hidup berupa ulat atau udang kecil.

Pemberian makanan beku lebih disukai karena aman dan bebas dari bahaya infeksi kuman dan bakteri. Pilihan lain adalah memberi makan ikan piranha dengan pelet. Pelet mengandung komposisi bahan yang dibutuhkan sebagai nutrisi bagi ikan piranha dalam kesehariannya. Selain itu, memberi makan ikan piranha dengan pelet akan menghemat dana karena harga pelet relatif lebih murah.

Selain makanan yang berasal dari jenis ikan, ada baiknya sekali waktu pemelihara ikan piranha memberikan makanan berupa sayuran dan tumbuhan. Seperti kita tahu, ikan piranha sebenarnha adalah  jenis ikan omnivora yang berasal dari perairan sungai di Amerika Selatan. Di tempat asalnya, ikan piranha ini selain makan makanan ikan-ikan kecil yang ada di sekitarnya, mereka juga makan tumbuhan yang ada di sekitar tempat mereka hidup.

Bagi pemelihara ikan piranha, tidak ada salahnya sekali waktu memberi makan pada ikan peliharaannya dengan sayuran. Sawi merupakan jenis sayuran / tumbuhan yang juga disukai oleh ikan piranha. Selain hemat,  pemberian makanan ikan piranha  berupa sayuran dan tumbuhan ini juga  akan menurunkan ketajaman sifat ikan piranha sebagai ikan jenis karnivora / pemakan daging.

Kebiasaan ikan piranha yang selalu makan berupa daging juga akan berdampak pada sifat ikan yang semakin agresif dan buas. Memang pada dasarnya ikan piranha adalah ikan buas yang bisa dilihat dari kontur giginya yang tajam dan runcing sebagai ciri ikan karnivora / pemamgsa daging. Dengan memberikan makanan berupa sayuran dan tumbuhan, diharapkan akan membuat sifaf ikan yang buas dan agresif ini akan sedikit menurun.

Pemberian makan pada ikan piranha berupa pelet, bisa jadi alternatif lain. Selain murah, pelet juga mudah didapatkan karena banyak dijual dimana-mana. Semua toko ikan hias atau makanan termak pasti menyediakan makanan jenis ini. Tetapi, memberi makan ikan piranha akan membuat akuarium / tempat memelihara ikan menjadi lebih cepat kotor.

Jadi apabila ikan peliharaan ditempatkan di akuarium dan makanan yang diberikan berupa pelet, sebaiknya akuarium dilengkapi dengan filter yang akan bisa menyaring kotoran ikan. Meskipun begitu, tetap saja harus dilakukan penggantian air minimal seminggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ikan  yang dipelihara.

Pada dasarnya memelihara ikan piranha tidaklah sulit. Yang harus diperhatikan adalah, ikan piranha adalah jenis ikan buas. Memelihara ikan piranha sebaiknya tidak dijadikan satu dengan jenis lain, karena akan dijadikan mangsa bagi ikan piranha. Meskipun ukuran ikan piranha tergolong kecil, tetapi dengan kekuatan dan ketajaman giginya  bisa mematikan ikan yang lebih besar darinya.

Baca Juga: Jenis Pakan Ikan Bawal, Utama, Favorit, Alternatif dan Organik

Selain tempat, yang harus diperhatikan kalau memelihara ikan piranha adalah makanannya. Ikan piranha adalah  jenis ikan omnivora. Makanan ikan piranha, selain ikan dan makhluk hidup lainnya juga bisa berupa sayuran.Kebersihan dan kesehatan makanan  juga harus diperhatikan, karena akan berpengaruh pada kesehatan ikan. Semoga  tulisan ini bermanfaat.

Written by Portal Hewan