in

13 Jenis Ikan Koi Termahal dan Terbesar di Dunia

Jenis Ikan Koi Termahal dan TerbesarIkan koi adalah jenis ikan yang banyak dijadikan sebagai peliharaan di kolam maupun akuarium. Sebagai ikan, koi tidak hanya dijadikan sebagai ikan hias, tapi juga menjadi ikan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Selain itu, ikan koi juga menjadi simbol cinta dan persahabatan di Jepang, jadi jangan kaget jika diantaranya, ada ikan koi termahal dan terbesar yang mengagumkan.

Koi Terbesar dan Koi Terpanjang

Karena dipercaya sebagai ikan yang istimewa, tidak sedikit orang yang kemudian rela membeli ikan koi dengan harga mahal supaya bisa dipelihara di rumah langsung. Berikut ini adalah beberapa ikan koi yang memiliki nilai jual dan ukuran yang cukup fantastis. Mungkin saja, anda berminat meminang salah satunya!

Daftar Ikan Koi Termahal

1. Koi Kohaku

Koi Kohaku adalah ikan koi yang bisa dibilang sebagai ‘tetua’ karena ditemukan terlebih dahulu dibandingkan dengan jenis ikan yang lain. Koi Kohaku adalah koi dengan corak warna merah dengan badan warna putih seperti yang umum ditemukan di kolam miliki keluarga Indonesia. Koi Kohaku dengan kualitas terbaik biasanya memiliki semburat warna yang terang.

Nah, walau tergolong sebagai ikan dengan corak warna yang mudah ditemukan, tapi jika kualitas warnanya mentereng, koi ini akan dihargai dengan sangat mahal. Selain itu, ada beberapa jenis koi kohaku yang bisa dibidik. Sebut saja seperti Maruten Kohaku, Tanchu Kohaku, juga Gin Rin Kohaku.

Tidak hanya karena warnanya yang menyegarkan mata, Koi Kohaku biasanya memiliki ukuran yang besar sehingga biasanya akan dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Tercatat, pernah terjual seekor ikan Koi Kohaku pada 2018 lalu oleh Sakai Fish Farm Jepang seharga Yen 203.000.000 atau setara dengan Rp. 26,947,609,946,-.

Warna yang menarik bukan hanya itu yang dimiliki oleh ikan Koi Kohaku tersebut. Itu juga memiliki panjang lebih dari 100 cm dan umur yang sudah mencapai 9 tahun. Selain itu, ikan maha dahsyat ini juga sudah sering keluar masuk pameran ikan koi di Jepang. Siapa yang tidak tertarik bukan melihat ikan koi termahal dan terbesar ini?

2. Koi Asagi

Apakah Anda ingin mencari peliharaan ikan koi yang berbeda daripada sebelumnya? Coba pertimbangkan untuk membeli ikan Koi Asagi. Ikan Koi Asagi memiliki motif yang indah dengan perpaduan warna yang eye catching. Sebenarnya, Koi Asagi sendiri sudah ditemukan di Jepang sejak 200 tahun lalu dan seiring berjalannya waktu, sudah banyak dikembangkan di Indonesia.

Yang membedakan koi jenis ini dengan koi lainnya adalah adanya guratan sisik berwarna biru di bagian punggungnya dengan bentuk yang mirip mata jaring. Kemudian, Koi Asagi dengan kualitas terbaik biasanya memiliki kepala berwarna putih susu dan bagian pipinya dihiasi dengan warna merah menyala.

Masalah harga, tentu tergantung dengan faktor lain seperti umur dan ukuran ikannya. Jika anda ingin membeli seekor ikan koi, pastikan sudah berumur lebih dari 3 tahun. Urusan ukuran, ada seekor ikan Asagi yang mencapai 78 cm. Well, harga Koi Asagi berkisar antara 5 jutaan per ekor. Berminat untuk memiliki ikan koi termahal dan terbesar ini?

3. Koi Bekko

Tidak selalu berwarna putih dengan merah terang, nyatanya ada jenis ikan koi yang memiliki warna nyeleneh dan berbeda daripada biasanya. Itu adalah jenis Koi Bekko yang memiliki warna hitam dan putih tentunya mendobrak pemahaman bahwa ikan koi itu berwarna merah cerah. Walau Koi Bekko memiliki keunikan yang tidak biasa, harga yang dibandrol untuk seekornya cukup mahal.

Koi Bekko juga memiliki beberapa jenis yang tidak kalah digemari oleh para kolektor ikan hias. Yang pertama adala Koi Ki Bekko yang memiliki warna utama kuning dengan titik hitam. Untuk mendapatkan jenis yang satu ini memang perlu usaha ekstra. Makanya, jangan heran jika sekalinya Anda menemukan ikan jenis satu ini, harganya akan melambung tinggi.

Selain itu juga ada Koi Aka Bekko yang warnanya melambangkan keberanian, apalagi kalau bukan merah. Tetap dengan titik hitam di sekitar tubuhnya, ikan Koi Aka Bekko juga cukup langka. Bicara mengenai ikan koi termahal dan terbesar, jenis Koi Bekko termahal yang pernah berhasil terjual yaitu 10 juta per kilo!

4. Koi Sanke

Koi Sanke adalah jenis ikan koi yang umum dimiliki oleh orang Indonesia dan sudah banyak yang membudidayakannya. Walau sudah banyak yang memiliki, Koi Sanke tetaplah termasuk dalam jenis ikan koi termahal yang ada saat ini. Apalagi kalau bukan karena kecantikan dan perpaduan warnanya yang mewah sehingga membuat orang jatuh cinta.

Koi Sanke memiliki ciri warna hitam sebagai warna utama di badannya, kemudian ada pemanis warna merah dan putih yang membuatnya kian menarik untuk dimiliki. Namun perlu diingat bahwa Koi Sanke berbeda dengan Koi Sansai Sinke yang memiliki warna umum putih dan merah terang.

Biasanya, Koi Sanke yang memiliki harga mahal yaitu dengan presentasi warna аntаrа warna merah, putih dan hitam аdаlаh 70:20:10. Selain itu, sanke yang istimewa justru tidak memiliki warna hitam di kepalanya dengan warna putih salju, hitam pekat, dan merah darah.

Karena keunikan tiga warnanya ini, anda perlu sedikit lebih dalam merogoh kantong karena ikan koi jenis ini bisa mencapai harga satu buah moto atau berkisar 20 jutaan per ekornya! Perhatikan juga bahwa Koi Sanke memiliki beberapa jenis seperti Kanoko Sanke, Taisho Sanke, dan masih ada banyak jenis lainnya.

5. Koi Girin Showa

Bicara mengenai ikan koi termahal tidak akan lengkap tanpa memasukkan Koi Girin Showa yang pernah berulang kali menjurai perhelatan kontes koi di Jepang pada tahun 1976 , 1977, 1979 dan 1980. Koi Girin Showa yang memenangi kontes tersebut adalah ikan dengan panjang 76 cm dengan umur yang mencapai 15 tahun.

Selang 2 tahun setelah kemenangan terakhirnya, ikan cantik jenis Girin Showa ini kemudian dijual dan dibawa ke Inggris dengan harga 17 juta yen alias 425 juta rupiah yang jika ditukarkan pada mata uang zaman sekarang, pastinya sudah mencapai jutaan rupiah. Well, ikan koi termahal dan terbesar ini dibeli oleh pemilik Kent Koi Center di Inggris dan 5 bulan setelahnya, koi tersebut pun mati.

Melihat apa yang menarik dari ikan ini, tentu saja karena warna dan motifnya yang abstrak tapi menarik. Selain itu, pemilihan nama Girin adalah sesuai untuk ikan yang memiliki warna berkilau pada sisiknya. Kin gin rin jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi ‘skala emas dan perak’ yang menggambarkan keadaan warnanya yang berkilau.

Jenis Koi Girin tidak hanya Showa saja, tapi juga termasuk seperti Ginrin Tancho Asagi, Ginrin Shiro Utsuri, Ginrin Taisho sanke dan beberapa lainnya.

6. Koi Maruten Kohaku

Yang tidak kalah mahalnya dibandingkan dengan ikan koi lain di atas adalah koi jenis Maruten Kohaku. Mengapa koi jenis ini bisa masuk dalam koi termahal? Ia masuk dalam salah satu jenis Koi Kohaku, yang pernah terjual hampir 1,1 miliar ini memiliki lesar 63 cm dengan warna cerah yang menyegarkan mata pada kontes ikan koi di tahun 2010 lalu.

Beberapa orang sering menyamakan antara Koi Maruten Kohaku dengan Koi Tanchu Kohaku. Nah, letak perbedaannya jika Koi Tanchu Kohaku memiliki mahkota berbentuk bulat warna merah di kepalanya. Sementara koi jenis Maruten Kohaku, mahkota di kepalanya tetap bulat tapi tidak selalu berwarna merah. Menarik bukan?

7. Koi Blue Showa

Sudah pernah mendengar mengenai ikan Koi Blue Showa sebelumnya? jika belum, anda sepatutnya mencari tahu mengenai ikan jenis satu ini. Bagaimana tidak, ikan ini sedang naik daun karena keistimewaannya. Apa itu?

Salah satu ikan koi jenis Blue Showa pernah terjual pada kontes ikan koi pada 22 April 2014, di Farm Dainichi Koi dan menjadikan ikan ini sebagai salah satu koi yang dibeli dengan harga selangit. Belum genap berumur 1 tahun, ikan tersebut mencapai ukuran 40 cm dan pada tahun tersebut berhasil terjual dengan harga ¥ 7.000.000 atau setara dengan 700 Juta.

Memang ada kemiripan antara koi jenis Showa dan Sinke, tapi perlu anda perhatikan lagi bahwa keduanya cukup berbeda. Jika Sanke, biasanya tidak memiliki Sumi di atas kepalanya dan Sumi hanya menyebar di punggungnya, sementara untuk jenis Showa, Sumi menyebar pada seluruh tubuhnya.

8. Koi Dainichi Showa

Dainichi Showa adalah ikan berjenis Nisai Showa yang menjadi ikan koi dengan motif terunik yang termasuk sebagai ikan koi termahal dan terbesar. Masih termasuk sebagai ikan koi keturunan Oyagoi “Gacchami”, ikan ini membuat gempar para pecinta ikan koi karena keindahannya sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Pada 27 November 2013, Koi Dainichi Showa menemukan pemilik barunya dengan melepas uang yang cukup fantastis yaitu 2,5 milyar rupiah! Selain karena warnanya, ikan ini bisa sangat mahal karena dinilai sempurna tanpa cacat, sehingga cukup menggiurkan untuk dimiliki.

Jika tidak dalam tempat pelelangan, Koi Nisai Showa ini juga dijual dengan harga yang cukup ‘berat’ karena mencapai 100 juta per ekornya. Walau mahal, mereka yang sudah mendedikasikan hidupnya sebagai pecinta koi akan rela menggelontorkan uangnya asal bisa mengoleksi koi jenis unik ini pastinya.

9. Koi Black Dragon

Pada ajang pelelangan ikan Momotaro Farm, seekor ikan koi cantik, unik, dan antic terjual dengan harga super fantastis, yaitu 2,9 miliar! Diberi nama Black Dragon, ikan tersebut dirawat oleh pemilik aslinya dengan sangat baik sehingga menjadi ikan yang sempurna alias tidak ada cacat sedikitpun. Belum lagi perpaduan antara warna putih, hitam dan merahnya dengan komposisi yang sangat pas.

Dengan melihat coraknya yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis ikan koi lain, sangat wajar jika seorang pecinta koi rela menawarnya dengan harga yang tinggi untuk bisa segera diboyong ke dalam rumah.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah, Terpal dan Aquarium

Jenis Ikan Koi Terbesar di Dunia

Tidak lengkap jika membahas mengenai ikan koi termahal dan terbesar tanpa mengetahui koi apa yang paling berat saat ini. Masih dari Jepang, ada sebuah ikan koi dengan besar 94 cm yang dimiliki oleh lelaki asal China yang bernama Mr Pan Zhi Cheng. Lelaki tersebut memang dikenal sebagai pecinta ikan koi sehingga tidak heran jika kemudian ia memiliki ikan terbesar dan menjuarai All Japan Koi Show 2016.

Selain itu ada juga beberapa koi lain yang masuk daftar koi terbesar. Koi ini datang dari beberapa negara termasuk Indonesia, dan berikut penjelasannya.

1. Ikan Koi Terbesar Di Jepang

Jepang adalah salah negara yang masyarakatnya cukup menggemari ikan koi, makanya jangan heran jika di negara yang berjuluk Negara Sakura ini bisa Anda temukan informasi mengenai ikan koi termahal dan terbesar. Well, sebagaimana yang Anda ketahui juga bahwa Jepang adalah negara produsen Koi terbesar dan 90 persen produksi tersebut ditujukan untuk ekspor.

Dan pada tahun 2016, Jepang mengekspor rekor 295 ton ikan koi yang menghasilkan pendapatan lebih dari £ 28 juta. Nah, salah satu ikan koi yang berhasil terjual dengan harga super yaitu ikan Koi Carp merah dan putih dijual dengan rekor £ 1,4 juta dengan ukuran 3 kaki 3 inci dan dibeli oleh seorang kolektor asal Taiwan.

Penawaran itu terjadi di peternakan Ikan Saki di kota Hiroshima. Nah, ikan yang kemudian disebut sebagai Super S ini adalah koi varietas Kohaku yang pada saat itu memang banyak dijual di peternakan tersebut. Walau membeli dengan harga yang fantastis, tidak banyak informasi mengenai wanita sebagai kolektor tersebut.

Namun yang pasti, perempuan asal Taiwan itu pasti lah sangat beruntung karena mendapatkan koi yang sempurna dan bisa berumur lebih dari 25 tahun dengan dapat menghasilkan hingga 500.000 telur.

2. Ikan Koi Terbesar Di Indonesia

Siapa sangka, salah satu ikan koi termahal dan terbesar adalah yang dimiliki oleh seseorang asal Indonesia. Yaitu Didi Wikara yang pernah mengikutkan ikan koi miliknya yang berukuran 110 cm ke berbagai kontes ikan seperti Grand Champion B & BIV Kawarimono — Rinyukai Indonesia Super Koi Show tahun 2012.

Ikan koi yang dimiliki Didi berjumlah 4 dan yang terbesar adalah koi kuning emas dengan tubuh besar yang mungkin kerap Anda lihat di Facebook karena ikan milik Didi cukup terkenal karena ukurannya yang besar. Untuk ikan koi terbesar kedua dari Indonesia masih lah milik Didi dengan ukuran 90 cm dan ditetapkan menjadi runner up di kontes yang sama.

3. Ikan Koi Terbesar Di Australia

Anda mungkin merasa kesulitan untuk memiliki ikan koi gempal yang menggemaskan. Biasanya, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat ikan koi tumbuh, mungkin sampai 5 tahun. Namun hal ini berbeda dengan ikan koi milik orang Australia yang kebanyakan bertubuh besar.

Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan para pemilik koi itu sendiri sehingga mereka membiarkan ika-ikan mereka berenang di sungai dan mereka tumbuh secara alami dan mencari makan dengan tidak terkontrol. Walau begitu, kini ada kebijakan bahwa ikan koi tidak lagi bisa dibiarkan di sungai. Menurut pemerintah Australia, ini bisa merusak ekosistem yang ada.

Melihat ulasan di atas mengenai ikan koi termahal dan terbesar pastinya membuat anda bergidik heran dan berpikir bagaimana bisa orang mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk ikan?. Namun, jika sudah menjadi hobi dan kesukaan, pasti orang akan rela memberikan apapun untuk bisa mendapatkan ikan yang diinginkannya.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Koi Di Aquarium dan Kolam Agar Tidak Mati

Lagipula, yang menarik dari sebuah ikan koi tidak hanya karena warna dan ukurannya. Di samping itu juga karena kesempurnaan tubuh dan termasuk kepercayaan bahwa koi bisa membawa keberuntungan bagi mereka yang memilikinya. Nah, jika anda memiliki sejumlah uang, ikan koi jenis apa yang akan dipinang?

Written by Portal Hewan