jenis ikan kerapu, jenis ikan kerapu laut, jenis ikan kerapu air tawar
in

18 Jenis Ikan Kerapu, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jenis dan Macam Ikan Kerapu РIkan kerapu menjadi salah satu predator paling besar di dunia. Habitat ikan kerapu berada di laut dangkal, muara sungai, dan juga laut dalam. Ikan kerapu masuk kategori predator, sebab dari konstruksi giginya berjumlah banyak, tajam serta rongga mulaut lebih lebar. Tak heran bila  jenis ikan kerapu memiliki habitat liar dengan jumlah mangsa cukup besar.

jenis ikan kerapu, jenis ikan kerapu laut, jenis ikan kerapu air tawar

Kerapu memiliki keunggulan dari segi rasa daging jika diolah menjadi makanan. Tak heran, daftar jenis ikan satu ini cukup banyak. Ditambah lagi bisa dikembangkan sebagai satu komoditas ekonomi berskala besar. Kini sudah tersedia 46 spesies ikan kerapu, akan tetapi ada beberapa jenis memiliki harga paling tinggi.

Jenis-Jenis Ikan Kerapu

1. Kerapu Kertang

Kerapu Kertang, Jenis Kerapu

Khusus untuk jenis ikan kerapu kertang memiliki warna berbeda dari biasanya. Ikan kerapu kertang populer dengan ciri khas warna kuning dan terdapat motif bulatan hitam kecil di sekujur tubuhnya. Ukuran kerang kerapu tidak cukup besar, namun karakternya bisa dikonsumsi, karena kualitas dagingnya juga sangat lezat.

Karakter ikan kerapu kertang memiliki tempat tinggal di sekitar kali ataupun laut dangkal. Kemudian sisi warna ada versi lain sedikit hitam kemudian terdapat bercak putih ataupun kuning dari kepala sampai ekor. Jadi bisa kita simpulkan, kerapu kertang menjadi jenis kerapu paling banyak dijumpai dan bisa diolah menjadi masakan.

Panjang kerapu kertang bisa mencapai lebih dari 50cm, kemudian untuk harga di pasarannya kerapu kertang dibanderol mencapai Rp 170.000 per kilogramnya. Kualitas daging dan juga karakternya juga membuat kolektor ataupun nelayan memburu ikan jenis kertang ini.

2. Kerapu Macan

Kerapu Macan, Jenis Ikan Kerapu

Meskipun jenis kerapu macan ini tidak banyak diolah menjadi makanan, tetapi dari ciri khasnya terbilang menarik. Kerapu macan punya motif seperti macam dengan kombinasi motif tutul berwarna hitam dan kuning. Sisik mengkilap kemudian bercak loreng seperti macam tutul menandakan spesies kerapu macan.

Ciri khas dari kerapu macan bisa dilihat dari motif kulitnya, akan tetapi habitatnya umum di laut dalam. Meskipun cenderung kurang banyak diolah jadi makanan, akan tetapi jumlah kerapu macan saat ini justru bertambah karena dibudidayakan. Ukuran tubuh kerapu macan kurang lebih 15-25cm. Namun tidak menutup kemungkinan bisa lebih besar dari ukuran tersebut.

Perlu diketahui, jenis ikan kerapu macan ini cukup banyak ketersediaannya di pasaran. Kemudian untuk harga per kilogramnya terbilang murah bahkan menjadi paling murah. Anda bisa menjumpai kerapu macan di pasaran dengan harga Rp 120.000 per kilogram.

3. Kerapu Batik

Berikutnya kita bisa melihat jenis kerapu batik dengan karakter warna coklat pucat terdapat di badan sampai siripnya. Meskipun terlihat seperti belaut listrik, namun karakterbadan dan juga habitat kerapu batik berada di laut dalam. Potensi budidaya kerapu batik cukup tinggi, bahkan nilai ekonominya juga baik untuk dikembangkan lebih luas.

Akan tetapi, untuk membudidayakan ikan kerapu batik membutuhkan waktu lama yakni sampai 8 bulan. Dari jumlah paling banyak jenis kerapu batik ini berada di perairan atol. Jenis kerapu batik cukup banyak dibudidayakan, sebab dari sisi tekstur dagingnya terbilang empuk dan gurih.

Motif dan corak tubuh kerapu batik terbilang unik, bahkan saat ini banyak diburu untuk banyak tujuan. Jenis kerapu batik telah banyak diolah dan saat ini harga per kilogramnya bisa mencapai Rp 200.000. Mengenai ketersediaannya di pasaran juga cukup mudah, jadi bisa menjadi satu komoditas ekonomi potensial bagi masyarakat ataupun nelayan.

4. Kerapu Cantang

Jenis Ikan Kerapu Catang

Bila ingin melihat jenis ikan kerapu dengan bentuk dan warna tubuh lebih menarik cobalah lihat jenis kerapu catang. Meskipun tidak terlahir alami, kerapu catang menjadi bukti inovasi di bidang persilangan antar ikan. Kerapu catang dilahirkan dari persilangan kerapu macan dan kerapu kertang.

Maka dari itu terlihat ciri khas warna kulitnya coklat kehitaman dengan 5 garis hitam melintang di seluruh badannya. Kemudian di bagian mulut ikan kerapu ini terdapat gigi berderet dua baris. Ditambah lagi ujung setiap giginya sangat kuat dan lancip, sehingga dapat mengoyak daging mangsanya lebih mudah.

Belum ada informasi apakah kerapu catang ini bisa dibudidayakan, akan tetapi bisa kita prediksi jenis ikan catang masih bisa diolah. Jumlah pembudidaya ikan kerapu catang juga tidak cukup banyak, karena untuk mendapat benih ikan kerapu catang cukup sulit.

Jika kita amati dari segi harganya, kerapu catang berada di level menengah dengan harga mencapai Rp 300.000. Selain digunakan untuk olahan konsumsi, ada juga penggemar ikan kerapu menjadikannya ikan hias.

5. Kerapu Tikus

Kerapu Tikus

Salah satu jenis kerapu paling banyak dijumpai di Australia, Jepang dan Indonesia yakni kerapu tikus. Asal muasal ikan kerapu ini memang berada di daerah Asia Tenggara dan Australia. Maka dari itu kerapu tikus banyak dijumpai di daerah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Karakter kerapu tikus memang mirip seperti tikus dari sisi wajahnya. Ditambah lagi ada motif bulat kecil berwarna hitam dengan warna tubuh putih keabuan. Harga komoditas ikan kerapu tikus cukup tinggi di pasaran. Penyebabnya dari kualitas daging dirasakan paling enak dibandingkan jenis kerapu lainnya.

Kualitas daging lebih lezat membuat ikan kerapu tikus menjadi satu komoditas budidaya ikan paling banyak dikembangkan saat ini. Tak heran masyarakat di Sulawesi, Ambon, Sumatra, dan Pulau Baru mengincar ikan ini karena nilai ekonomisnya tinggi..

Ikan kerapu tikus, memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran. Untuk harga per kilogramnya kerapu tikus dibanderolRp 420.000. Kita bisa melihat untuk kualitas daging dan pengolahannya pun terbilang baik.

6. Kerapu Sunuk

Kerapu Sunuk

Model warna dan bentuk ikan kerapu dengan habitat di laut dalam ataupun dangkal memiliki keunikan terutama di jenis kerapu sunuk. Warna kerapu sunuk terlihat merah menyala dengan motif bulatan berwarna putih abu-abu.Kerapu sunuk memiliki bentuk tubuh paling berbeda. Karena dari segi warna terlihat merah mencolok, dan untuk mendapatkannya pun tidak mudah.

Bisa dikatakan jenis ikan kerapu sunuk ini paling sulit ditemukan dan dikembangbiakan. Karena dari harga ikan kerapu sunuk ini cukup tinggi dibanding ikan kerapu lainnya. Kualitas daging ikan kerapu sunuk terbilang lezat, namun sayangnya jumlah pembudidaya kerapu sunuk tidak banyak.

Jenis kerapu sunuk cukup populer di pasaran. Bahkan untuk mendapatkan daging ikan kerapu sunuk cukup sulit. Minimnya pembudidaya kerapu sunuk membuat harganya mencapai Rp 375.000 per kilogram. Kemudian kualitas olahan daging jenis ikan kerapu ini terbilang baik. Jadi tak heran ketersediaan ikan kerapu sunuk menjadi perburuan banyak orang.

7. Kerapu Muara

Kerapu Muara, Ikan Kerapu Muara

Jenis kerapu muara juga banyak dikonsumsi karena kualitas dagingnya cukup baik. Habitat kerapu muara berada di dekat pantai ataupun di daerah hutan bakau. Beberapa spesies kerapu muara juga dapat hidup di terumbu karang, sampai laut dangkal. Kerapu muara memiliki nama latin Epinephelus Coioides dengan ukuran maksimal mencapai 1 meter.

Bila dibandingkan kerapu kertang, kerapu muara hampir sama. Akan tetapi, ada perbedaan bisa kita lihat yakni warna kulitnya. Untuk kerapu muara cenderung berwarna coklat karena hidupnya berada di laut dangkal ataupun di daerah hutan bakau. Jenis kerapu muara masih sulit dibudidayakan, sebab habitathidupnya benar-benar harus alami dan menggunakan air asin.

8. Kerapu Nipah

Kerapu Nipah, Ikan Kerapu Nipah

Kemungkinan besar kerapu nipah menjadi satu jenis ikan kerapu paling besar dan berat dengan bobot maksimal mencapai 150kg. Ukuran ikan kerapu nipah terbilang besar, kemudian bisa ditemukan di muara. Namun, ada juga ikan kerapu nipah hidup di daerah laut dalam.

Dari karakter tubuh kerapu nipah terlihat berwarna coklat kehitaman kemudian tidak terlalu banyak motif bulatan di sekujur tubuhnya. Akan tetapi, jenis kerapu nipah dikatakan masih belum banyak dibudidayakan. Hal tersebut disebabkan oleh habitat aslinya berada di air asin ataupun laut dalam.

Panjang ikan kerapu nipah bisa mencapai 1 meter bahkan lebih. Dari sinilah kerapu nipah dinobatkan sebagai ikan kerapu dengan bobot terbesar dan terpanjang.

9. Kerapu Cantik

Kerapu Cantik, Ikan Kerapu Cantik

Sesuai namanya, jenis kerapu cantik menjadi hasil perkawinan silang kerapu macan dan batik. Hasil persilangan kerapu tersebut menghadirkan motif warna berbeda. Terlihat dari warna tubuh kerapu cantik ini memperlihatkan warna putih dengan motif bulatan hitam dari kepala sampai ekor.

Ukuran kerapu cantik terbilang kecil. Bahkan panjang tubuhnya tidak lebih dari 1 meter. Belum ada konfirmasi apakah kerapu cantik bisa dikonsumsi, namun jelas terlihat kerapu cantik bisa digunakan sebagai ikan hias. Alasannya dari sisi warna dan juga ukurannya masih dominan sebagai ikan hias dibandingkan ikan konsumsi.

10. Kerapu Kustang

Kerapu Kustang

Salah satu jenis kerapu paling populer yakni kerapu kustang. Menjadi hasil perkawinan silang antara kerapu kertang dan kerapu tikus. Hasilnya, tekstur warna kerapu kustang cenderung berwarna hijau lumut. Kemudian terdapat motif bulatan tidak cukup banyak. Ukuran ikan kerapu kustang cukup besar yakni mencapai 30-50cm.

Jika dijadikan olahan makanan, ikan kerapu kustang memiliki rasa hampir sama seperti ikan kerapu tikus. Karena tekstur dagingnya terasa lembut dan lezat, harga ikan kerapu kustang ini terbilang mahal di pasaran. Karena itulah, permintaan ikan kustang cukup tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sumber pendapatan ekonomi berpotensi tinggi.

Harga daging olahan kerapu kustang di pasaran cukup mahal. Dalam bobot jenis ikan kerapu kustang per kilogramnya dibanderol mencapai Rp 400.000. Meskipun jadi perkawinan silang, tetap saja kualitas dari dagingnya terbilang lezat.

11. Kerapu Giant Grouper

Kerapu Giant Grouper, Ikan Kerapu, Jenis Kerapu Terbesar

Ukuran dan bentuk kerapu giant grouper tergolong besar. Habitat ikan kerapu giant grouper berada di lautan dalam. Bahkan para nelayan sering mencarinya dan cukup mudah ditemukan di perairan lepas. Bobot tubuh terberat giant grouper ini mencapai 150kg. Bahkan tekstur daging kerapu giant grouper cukup tebal sehingga cukup tinggi harganya.

Perairan Australia menjadi habitat umum kerapu giant grouper. Kemudian dari warna tubuhnya cenderung abu-abu kehitaman, dan corak tubuhnya tidak terlalu banyak menampilkan motif.; Banyak nelayan menyebut kerapu giant grouper sebagai ikan raksasa karena beratnya bisa mencapai 150kg dengan panjang tubuh mencapai 1.5 meter.

Tidak banyak informasi mengenai harga per kilogram dari jenis ikan giant grouper. Namun, hal pasti bisa kita dapatkan informasinya ikan giant grouper ini sudah bisa diolah dalam bentuk olahan makanan.

12. Kerapu Lumpur

Kerapu Lumpur

Jenis ikan kerapu lumpur hingga saat ini terus dibudidayakan. Kerapu lumpur memiliki nama latin Epinephelus Bleekeri. Kemudian habitat aslinya berada di terumbu karang ataupun muara laut dengan kombinasi tanah berlumpur. Potensi penyebaran ikan kerapu lumpur ini cukup besar, sebab sangat mudah dibudidayakan.

Ada alasan kenapa diberi kerapu lumpur, salah satunya dari tempat hidupnya suka dengan daerah berlumpur. Ditambah lagi kombinasi warna cokelat menyerupai lumpur dan beberapa motif bulatan berwarna hitam. Meskipun ikan kerapu lumpur menyukai daerah kotor, tetapi dari kualitas dagingnya terbilang baik. Jadi tak heran bila jenis kerapu lumpur banyak dibudidayakan.

Habitat endemik kerapu lumpur ini sudah cukup luas, diantaranya daerah Asia Pasifik baik itu di perairan Indonesia ataupun negara-negara tetangga. Panjang maksimal ikan kerapu lumpur bisa mencapai 1 meter lebih dengan bobot mencapai 30-40kg.

Meskipun mudah dibudidayakan, namun dari harga jual per kilogram ikan kerapu lumpur bisa mencapai angka Rp 150.000. Pengolahan ikan kerapu lumpur bisa dijadikan komoditas ekonomi bagi masyarakat Indonesia dengan proses budidaya mandiri.

13. Kerapu Air Tawar

Kerapu Air Tawar

Habitat asli ikan kerapu mayoritas berada di kondisi air asin ataupun air laut. Akan tetapi, sekarang ikan kerapu bisa hidup di air tawar. Banyak penjual ikan kerapu air tawar menawarkannya sebagai ikan hiasan. Bukan hanya itu, kondisi lingkungan dan kebutuhan membuat ikan kerapu air tawar ini banyak diburu oleh kolektor.

Panjang ikan kerapu air tawar tidak terlalu besar, kurang lebih panjangnya mencapai 30-40cm. Kemudian bobot tubuh kerapu air tawar juga tidak mencapai 2kg. Jadi keistimewaan dari kerapu air tawar ini terletak pada tingkat kelangkaannya. Karena itulah, untuk satu jenis ikan kerapu air tawar bisa dibanderol mencapai Rp 500.000.

14. Kerapu Koko

Kerapu Koko, Ikan Kerapu, Jenis Kerapu

Yang pertama adalah kerapu koko, ikan ini memiliki ciri-ciri bintik-bintik cokelat muda di sekujur tubuh, mulai dari bagian wajah sampai ekor. Kerapu jenis koko merupakan ikan yang banyak dibudidaya dan dikonsumsi oleh orang Indonesia.

15. Kerapu Merah

Kerapu Merah

Berikutnya ada kerapu merah, ikan yang satu ini mempunyai kulit yang merah sehingga membuatnya cantik. Ditambah dengan bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya membuat ikan ini indah dan eksotik. Namun sayangnya ikan ini sulit ditemukan karena sering bersembunyi dibalik karang, untuk menangkapnya biasanya nelayan menggunakan jaring.

Selain suka bersembunyi dibalik karang, yang membuat ikan ini sulit ditangkap adalah karena mereka biasa hidup pada kedalaman 3 sampai 300 m dibawah permukaan air laut. Karena itulah para nelayan biasanya menggunakan jaring untuk menangkapnya.

16. Kerapu Kayu

Kerapu Kayu, Jenis Kerapu

Jenis ikan kerapu berikutnya adalah kerapu kayu, ciri-ciri ikan ini hampir sama dengan kerapu koko. Yang membedakannya adalah bila kerapu koko mempunyai bintik-bintik berwarna cokelat, sedangkan kerapu kayu mempunyai bintik-bintik berwarna kehitaman.

Selain itu kerapu kayu mempunyai ukuran yang cukup besar bila dibandingkan kerapu jenis lain, mereka bisa tumbuh sampai ukuran 75 cm.

17. Kerapu Nassau

Kerapu Nassau, Jenis Kerapu

Jenis kerapu yang keempat adalah kerapu nassau, memiliki ciri-ciri campuran cokelat muda dan cokelat tua bergaris. Ikan ini juga memiliki keunikan, yaitu mengubah warna sesuai dengan suasana hatinya.

Ikan kerapu nassau biasa ditemukan di Bermuda, Florida, Bahama, dan Semenanjung Yucatan di Meksiko, dan sepanjang Karibia hingga ke selatan Brazil. Sayangnya ikan ini tidak berhabitat di Indonesia, namun ikan ini memiliki kemampuan untuk bermigrasi hingga sejauh 220 km.

Sama dengan ikan kerapu lainnya yang hidup di karang dasar laut, kerapu nassau juga hidup di area terumbu karang sedalam 90 meter. Karena memiliki keunikan-keunikan diatas membuat ikan kerapu nassau banyak ditangkap untuk dijual dan membuat ikan ini termasuk kedalam daftar hewan yang terancam punah.

Semoga habitat kerapu nassau bisa terus dilestarikan kembali agar ikan seindah ini tidak mengalami kepunahan.

18. Kerapu Sendok

Yang terakhir ada jenis ikan kerapu sendok, jenis ini merupakan salah satu yang terpopuler dan banyak ditemukan di Indonesia. Namun sayangnya sama dengan kerapu nassau, ikan kerapu jenis sendok juga termasuk dalam daftar hewan yang terancam punah karena habitat mereka di terumbu karang juga mengalami kerusakan.

Jika tidak berusaha dilestarikan ikan jenis kerapu lainnya juga bisa terancam punah. Ciri-ciri kerapu sendok adalah berwarna kehijauan dengan bintik-bintik hitam dan pada ukuran dewasa bisa tumbuh hingga mencapai 2 meter.

Kerapu sendok bisa ditemukan di daerah indo pasifik termasuk Indonesia, karena itulah kerapu sendok termasuk ikan kerapu yang populer di Indonesia.

Segala macam karakter dan sifat ikan kerapu saat ini terus memberi gambaran kepada kita akan beragamnya hasil laut di Indonesia. Setiap jenis ikan kerapu memiliki corak warna dan motif berbeda. Apalagi dengan proses persilangan antar ikan kerapu juga menghasilkan bentuk serta motif lebih menarik.

Baca Juga: Jenis Ikan Gabus, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Kini jenis ikan kerapu air laut dan air tawar terpopuler di Indonesia sampai seluruh dunia bisa Anda akses. Ditambah lagi spesies kerapu saat ini juga menjadi peruburan nelayan. Pengolahannya pun sudah berdasarkan hasil tangkapan budidaya. Jadi ke depannya budidaya kerapu menjadi sumber tepat untuk memperoleh komoditas ekonomi paling tepat.

Written by Portal Hewan