in

9 Jenis Ikan Gurami, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jenis Ikan Gurami – Bagi Anda yang suka dengan budidaya, memelihara atau bahkan masakan ikan, Anda harus simak dan mencoba berbagai kumpulan jenis ikan gurami atau gurame yang telah kami sediakan di bawah ini. Ikan Gurami/Gurame dengan Bahasa Latin “Osphroremus Goramy” adalah salah satu dari ribuan jenis ikan air tawar yang banyak di sukai dan di gemari sebagai ikan konsumsi, di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain sebagai ikan konsumsi, ikan ini bahkan di pelihara di kolam maupun di aquarium juga.

Jenis Gurami, Jenis Gurame, Macam Gurami, Macam Gurame

Ikan Gurami umumnya memiliki tubuh yang pipih dan lebar. Di alam bebas, gurami banyak hidup di sungai, rawa atau kolam temasuk air payau. Gurami termasuk golongan ikan omnivora, yang dimana dia memakan ikan kecil, serangga, tumbuhan bahkan barang yang membusuk di dalam air. Gurami ini pada awalnya menyebar di pulau-pulau besar yaitu pulau Sumatera, Jawa dan juga Kalimantan, tapi kini telah banyak ditemukan di berbagai negara-negara lainnya di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan bahkan Australia.

Oleh karena itu, banyak jenis-jenis ikan gurami yang terdapat di Asia bahkan Dunia. Inilah macam–macam jenis ikan gurami yang akan kita bahas, supaya untuk kalian yang tertarik untuk berbudidaya atau memelihara ikan gurami dapat membedakan jenis-jenis ikan gurami. Karena di daerah lain ikan gurame memiliki nama-nama lokal yang beragam. Berikut telah kami sajikan berbagai macam jenis ikan gurame yang dapat Anda simak.

Macam-Macam Kumpulan Jenis Ikan Gurami Di Dunia

1. Gurami Soang / Gurame Angsa

Gurami Soang, Ikan Gurami Soang, Jenis Gurami

Gurami soang atau yang biasa dikenal sebagai ikan gurami angsa adalah jenis Gurami yang berasal dari Ciamis dan sekitarnya sehingga terkadang banyak yang menyebut jenis ini dengan Ikan Gurami Jawa Barat. Ikan ini memiliki ciri fisik yang sama seperti namanya yakni dahi yang menonjol baik jantan maupun betina seperti angsa.

Tetapi, pada ikan yang masih kecil masih belum terlihat perbedaan yang begitu jelas, mempunyai warna tubuh yang putih keperakan dengan campuran hitam dan merah, tubuhnya juga lebih memanjang dan daging yang lebih tebal.

Karakteristik Ikan Gurami Soang

  • Mempunyai pertumbuhan yang relatif sangat cepat
  • Produktivitas telur yang cukup tinggi dengan jumlah telur 3000 – 5000 butir sekali bertelur
  • Memiliki sirip perut yang sebagian berubah menjadi benang panjang yang berfungsi sebagai alat peraba

Harga Ikan Gurami Soang

  • Rp. 3000,00 / Bibit

2. Gurami Bastar

Gurami Bastar, Ikan Gurami Bastar, Jenis Gurami Bastar

Gurami bastar mudah ditemukan di habitat aslinya, yaitu sungai, rawa dan air payau. Ikan ini memiliki ciri tubuh yang abu-abu kehitaman dan berwarna putih di bagian kepalanya. Untuk Ikan ini, sisiknya agak lebar dari Ikan Gurami biasanya. Gurami ini sudah banyak di budidayakan di banyak tempat di Indonesia, terutama seperti tambak dan tempat budidaya ikan.

Karakteristik Ikan Gurami Bastar

  • Pertumbuhan yang lebih cepat
  • Mudah untuk di kembang biakkan
  • Produktivitas telur 2000 – 3000 butir telur setiap kali pemijahan

Harga Ikan Gurami Bastar

  • Rp. 800,00 – 1000,00 / Bibit

3. Gurami Padang

Gurami Padang, Jenis Gurami, Ikan Gurami Padang, Macam Gurame

Ikan Gurami Padang sesuai namanya berasal dari daerah sungai padang, namun bias juga ditemui di daerah perairan lainnya selain di padang. Habitat Ikan ini merupakan air tawar sedikit payau, berair jernih dengan sedikit lumpur di dasar kolam. Ikan ini memiliki bentuk tubuh sama seperti Ikan Gurami lainnya, baik itu Gurami untuk di masak ataupun Gurami untuk Ikan Hias.

Namun, perbedaan terletak pada warnanya. Sewaktu kecil badannya berwarna kuning ke merah–merahan, mulutnya lancip dan bagian badan serta ekornya lebar. Saat dewasa, Gurami Padang mengalami perubahan pada bentuk kepalanya dan bagian badan serta ekornya lebar. Warnanya tubuhnya juga memudar menjadi kuning pucat dan kemerah merahannya menghilang.

Karakteristik Ikan Gurami Padang

  • Pertumbuhan yang lambat
  • Mempunyai alat pernafasan tambahan, sehingga dapat tahan terhadap zat beracun dan air yang kadar oksigennya rendah
  • Produktivitas telur 500 – 3000 butir telur sekali pijah

Harga Ikan Gurami Padang

  • Rp. 1000 – 1500 / Bibit

4. Gurami Jepun

 Gurami Jepun, Ikan Gurame, Jenis Gurami Jepun

Ikan Gurami Jepun atau yang biasa di kenal dengan Ikan Gurami Jepang, merupakan Ikan Gurami yang berasal dari Jawa Tengah. Oleh karena itu, banyak juga yang menyebutnya Ikan Gurami Jawa Tengah atau juga Ikan Gurami Purwokerto. Ikan ini memiliki tubuh lebih kecil dari Ikan Gurami Soang atau Ikan Gurami Angsa, warna tubuh bagian atas ikan ini hitam pekat serta memiliki sisik kecil – kecil dengan warna putih dengan garis gelap sehingga ikan ini terlihat keabu – abuan. Saat usianya masih dibawah setahun, Ikan Gurami ini terlihat agak kebiruan.

Karakteristik Ikan Gurami Jepang

  • Memiliki panjang tubuh maksimal 45cm
  • Memiliki berat 3 – 4 kg / ekor
  • Produktivitas telur mampu mencapai 2000 – 3000 butir telur / ekor sekali memijah

Harga Ikan Gurami Jepang

  • Rp. 5000,00 / Bibit

5. Gurami Porselin / Gurami Porselen

Gurami Porselin, Jenis Gurami, Jenis Gurame, Gurame Porselen

Ikan Gurami Porselin merupakan salah satu varietas Gurami Putih yang telah banyak di budidayakan dan dikenal oleh masyarakat selain Ikan Gurami Padang. Oleh karena itu, Ikan ini bias dapat dijumpai di banyak wilayah di Indonesia. Ikan Gurami Porselin memiliki ciri warna merah muda yang cerah sehingga cukup cantic dibandingkan ikan – ikan yang lain. Selain itu, ikan ini memiliki ukuran kepala yang kecil dan memiliki warna putih di bagian bawah tubuhnya.

Ikan ini cukup Populer dan disukai banyak kalangan, sehingga harga jualnya relatif tinggi dibandingkan Gurami lainnya seperti Padang, Soang dan sebagainya. Selain tiu juga, ikan ini sering di gunakan para pembudidaya sebagai indukan karena memiliki produktivitas telur yang cukup sangat tinggi di bandingkan ikan gurami lainnya.

Karakteristik Ikan Gurami Porselin

  • Memiliki berat 1,5 – 2 kg / ekor
  • Warna yang lebih cerah
  • Produktivitas telur mampu mencapai 10.000 butir telur, sehingga indukan porselen cocok untuk dijadikan bisnis pembibitan

Harga Ikan Gurami Porselin

  • Rp. 7000,00 / Bibit

6. Gurami Kapas

Gurame Kapas, Gurami Kapas, Jenis Gurami, Macam Gurame

Ikan Gurami Kapas cukup mudah ditemukan di tempat Budidaya ikan di Indonesia, ikan ini cukup banyak di budidaya karena warnanya yang putih keperakan sehingga terlihat seperti kapas. Oleh karena itu, ikan ini di namakan Ikan Gurami Kapas. Ikan ini memiliki sisik yang lebar, keras dan kasar. Makanya kalian yang ingin budidaya atau memelihara ikan ini sebagai ikan hias atau untuk di masak harus berhati-hati dengan sisiknya yang cukup berbahaya ini.

Walaupun begitu ikan ini cukup cantik dengan warnanya yang keperakan bahkan cukup putih ini, kualitasnya pun cukup baik dan mungkin banyak di gemari oleh pecinta ikan hias.

Karakteristik Ikan Gurami Kapas

  • Pertumbuhannya cukup cepat
  • Bobotnya ringan hanya 1,5 kg
  • Produktivitas telur sebanyak 3000 butir setiap pemijahan

Harga Ikan Gurami Kapas

  • Rp. 7000,00 / Bibit

7. Gurami Paris

Gurami Paris, Jenis Gurami, Ikan Gurame Paris

Gurami Paris merupakan jenis ikan yang wajib kalian ketahui juga nih. Ikan ini dapat di kategorikan sebagai ikan hias namun dapat juga di konsumsi. Ikan gurami paris banyak yang menyebutnya sebagai salah satu Ikan Gurami tercantik yang sebagai mana kita tahu kalau Gurami jenis lainnya yang identik dengan warna sedikit hitam atau gelap sedangkan ikan ini memiliki warna merah muda cerah, dengan bintik hitam di atas kepalanya.

Mungkin kalian yang ingin budidaya Ikan Gurame hias, salah satu jenis ini cocok nih untuk salah satu referensi kalian selain warnanya yang cukup menarik, kualitasnya juga cukup bagus dan memadai sebagai Ikan Hias yang mungkin akan cukup laku dan laris di pasaran ikan hias. Perawatan ikan ini juga mungkin sama halnya dengan Gurami lainnya sehingga kalian tidak perlu bingung, kalian bisa cari di Internet cara untuk merawat Ikan ini.

Karakteristik Ikan Gurami Paris

  • Beratnya lebih ringan hanya 1,5 kg
  • Ukurannya lebih kecil daripada Gurami lainnya
  • Produktivitas telur mampu sampai 5000 butir telur / ekor setiap kali pemijahan, sehingga tidak kalah dengan Ikan Gurami Kapas

Harga Ikan Gurami Paris

  • Rp. 5500,00 / Bibit

8. Gurami Batu

Gurami Batu, Gurame Batu, Jenis Gurame

Ikan Gurami Batu merupakan Ikan yang sangat jarang di budidaya. Tetapi, ikan ini masih banyak di jumpai di habitat aslinya seperti sungai dan perairan air tawar lainnya. Seperti namanya, ikan ini sangat mirip sekali dengan batu yakni, berwarna hitam merata dan juga memiliki sisik yang keras/kasar. Ikan ini juga memiliki bobot yang cukup ringan dan ukuran yang cukup kecil, mungkin itulah sebab ikan ini sangat jarang sekali di budidaya oleh petani selain memiliki sisik yang keras dan warna hitam yang merata.

Karakteristik Ikan Gurami Batu

  • Pertumbuhan yang lambat
  • Memiliki bobot maksimal yang tidak terlalu besar. Bahkan, saat berumur 1 tahun bobotnya baru mencapai sekitar 0,5 kg
  • Produktivitas telur : Tidak diketahui

Harga Ikan Gurami Batu

  • Rp. – (Karena kurang di budidayakan oleh para petani)

9. Gurami Bluesafir

Gurami Bluesafir, Gurame Bluesafir

Jenis gurame bluesafir mempunyai corak warna hitam kemerahan. Macam gurami ini dapat tumbuh panjang mencapai ukuran  maksimal sekitar 35 cm. Salain itu berat ikan gurami bluesafir mencapai kurang lebih 4 kg. Ikan ini mempunyai kemampuan memijah dengan fekunditas 3.000 butir per kg berat induknya. Gurami bluesafir sangat mudah sekali untuk dipelihara dan dibudidayakan.

Bila anda menginginkan budidaya gurami varietas ini, ini, maka bisa membeli bibitnya di penjual ikan maupun petani. Bibit Gurame Blue Safir yang dijual di pasaran umumnya berharga sangat variatif.

Karakteristik Ikan Gurami Bluesafir

  • Pertumbuhan cepat
  • Memiliki bobot maksimal yang besar.
  • Produksivitas Telur : 3.000 butir

Harga Ikan Gurami Bluesafir

  • Rp. 3000,00 / Bibit

Nah, untuk kalian yang sangat berminat untuk budidaya Ikan Gurami bisa banget di simak artikel kali ini. Untuk kalian yang pecinta ikan hias bisa banget pelihara atau bahkan budidaya ikan gurame cantik yang telas di bahas di atas, untuk tambah-tambah dan juga mungkin terobosan baru di dunia ikan hias dengan mengangkat ikan gurami.

Selain itu juga untuk kalian yang ingin memelihara gurami untuk konsumsi boleh banget juga karena selain memiliki daging yang banyak dan cukup tebal, ikan ini juga memiliki cita rasa yang cukup nikmat, sehingga tak salah jika ikan ini menjadi salah satu yang banyak di gemari oleh warga Indonesia dan juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi loh.

Baca Juga: Jenis Ikan Oscar, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Itulah dia Jenis Ikan Gurami yang dapat kami rangkum dalam artikel kali ini. Jadi untuk kalian yang ingin memulai bisnis budidaya atau ber ternak Ikan Gurami dapat di jadikan referensi nih. Untuk harga merupakan hasil dari riset saya lakukan sendiri. Jadi, pasti akan berbeda–beda di setiap daerah atau kota.

Written by Portal Hewan