jenis ikan gabus, Jenis channa
in

40 Jenis Ikan Gabus, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jenis Ikan Gabus – Nama ikan gabus, channa atau snakehead tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Ikan gabus adalah satu diantara hewan endemic yang sudah tinggal di Indonesia dalam waktu yang lama. Keberadaan ikan yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan di seluruh wilayah perairan Indonesia. Jenis ikan gabus pun sangatlah beragam.

jenis ikan gabus, Jenis channa

Ikan gabus memiliki banyak sekali jenis yang tersebar di seluruh perairan Asia dan Afrika. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis yang cukup familiar di masyarakat. Berikut jenis-jenis ikan gabus yang ada di seluruh dunia.

Jenis Ikan Gabus Hias di Dunia

1.Channa Argus

Channa Argus, Ikan Gabus

Jenis yang pertama ini adalah spesies ikan gabus yang berasal dari Rusia, Tiongkok, Korea Selatan, dan Korea Utara. Habitat asli Channa Argus adalah sepanjang Sungai Amur hingga Pulau Hainan.

2. Channa Aurantimaculata

Channa Aurantimaculata

Ikan yang satu ini adalah spesies endemik yang berasal dari Singai Brahmaputera, Sungai Assam India Timur, dan Sungai Arunachal Pradesh. Channa Aurantimaculata dapat tumbuh hingga 40 cm. Nama lain dari ikan ini adalah golden cobra snakehead dan orange spotted snakehead.

3. Channa Baramensis

Channa Baramensis

Ikan gabus Channa Baramensis yang satu ini merupakan jenis hewan endemik dari Pulau Borneo. Persebaran Channa Baramensis meliputi Sabah, Sarawak, dan Brunei Darussalam. Meski tersebar hingga lintas daerah, habitat asli dari jenis ini adalah Sungai Baram, Sarawak. Panjang maksimal Channa Baramensis mencapai 180-220 mm.

4. Channa Bleheri

Channa Bleheri

Jenis ikan gabus Channa Bleheri merupakan ikan endemik Sungai Brahmaputera di India. Channa Bleheri menjadi favorit para pengoleksi ikan hias karena warna dan coraknya yang sangat menawan. Ikan ini dapat tumbuh hingga 20 cm.

5. Channa Cyanospilos

Channa Cyanospilos

Spesies ikan gabus yang satu ini berasal dari daratan Sumatera. Wilayah yang menjadi habitat asli dari Channa Cyanospilos adalah Lampung, Riau, Sumtera Selatan, dan Jambi. Untuk ukuran ikan gabus, jenis ini masih tergolong kecil karena hanya mampu tumbuh hingga 20 cm saja. Di Sumatera sendiri, Channa Cyanospilos dapat dengan mudah di aliran sungai dekat dengan daerah pegunungan.

6. Channa Gachua

Channa Gachua

Macam ikan gabus yang satu ini memiliki nama lain seperti benguk, kotes, dan bogo. Channa Gachua masuk dalam genus Channidae yang berukuran mini. Ikan ini cukup mudah ditemukan di seluruh wilayah perairan Indonesia. Tempat yang paling mudah untuk menemukan ikan ini adalah Pulau Jawa.

7. Channa Lucius

Channa Lucius

Channa Lucius adalah salah satu spesies ikan gabus yang persebarannya berada di wilayah Asia Tenggara, terutama Laos, Vietnam, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Di daerah Kalimantan, spesies ini diberi nama Keshung atau Kehung. Channa Lucius dewasa bisa tumbuh hingga 360 mm.

8. Channa Marulioides

Channa Marulioides

Sama seperti Lucius, Channa Marulioides juga berasal dari wilayah Asia Tenggara. Bedanya, persebarannya hanya berada di Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Di Indonesia sendiri, ikan gabus jenis ini sering ditemukan di daerah Kalimantan dan Sumatera. Panjang maksimalnya mencapai 65-80 cm.

9. Channa Melanopterus

Channa Melanopterus

Jenis ikan gabus yang satu ini termasuk ikan endemik Pulau Kalimantan. Persebarannya lebih banyak di Sungai Kapuas. Channa Melanopterus dewasa dapat tumbuh panjang hingga 65 cm.

10. Channa Miropeltes atau Gabus Toman

Channa Miropeltes

Gabus Toman adalah spesies ikan gabus yang terkenal dengan sebutannya sebagai predator gana. Meski dikenal sebagai predator, gabus toman sudah banyak dibudidayakan sejak. Daerah yang terkenal dengan budidaya gabus toman adalah Kalimantan.

Ukuran tubuh gabus toman bisa mencapai panjang 1m. santapan lezat bagi gabus toman adalah kodok, ikan kecil, dan serangga.

11. Channa Orientalis

Channa Orientalis

Spesies ikan gabus yang satu ini berasal dari barat daya Srilanka. Kemampuan tumbuh dari Channa Orientalis dewasa adalah 15 cm. Makanan utama yang sangat disukai oleh Channa Orientalis adalah katak, ikan, plankton, dan serangga.

12. Channa Pleurophthalma

Channa Pleurophthalma

Jenis  gabus ini hanya ada di Indonesia saja, tepatnya di daerah Sumatera dan Kalimantan. Nama lain dari ikan ini adalah kerandang, serandang, dan toman bunga. Channa Pleurophthalma dewasa mampu tumbuh hingga 40 cm.

13. Channa Stewartii

Channa Stewartii

Channa Stewarti adalah salah satu spesies gabus yang berasal dari Bangladesh, Nepal, dan India. Ikan ini memiliki panjang maksimal 25 cm dan sangat cocok untuk menghiasi aquarium. Hal ini dikarenakan Channa Stewartii termasuk dalam gabus hias.

14. Parachanna Africana

Parachanna Africana

Parachanna Africana adalah spesies gabus yang berasal dari Benua Afrika. Persebaran utama dari spesies ini adalah Sungai Niger dan Sungai Oueme.

15. Channa Ornatipinnis

Channa Ornatipinnis

Ikan gabus jenis adalah termasuk dalam jenis gabus endemik Myanmar. Di usia dewasa, predator air tawar ini mampu tumbuh hingga 25-30 cm.

16. Parachanna Insignis

Parachanna Insignis

Afrika adalah negara asal dari jenis ikan gabus yang satu ini. Parachanna Insignis dewasa dapat tumbuh panjang hingga 30 cm.

17. Channa Pulchra

Channa Pulchra

Predator air tawar ini berasal dari Myanmar. Jika sudah dewasa, Channa Pulchra bisa tumbuh hingga 30 cm.

18. Parachanna Obscura

Parachanna Obscura

Spesies ikan gabus yang satu ini berasal dari Benua Afrika. Persebarannya lebih banyak di daerah Afrika Tengah yakni Zaire dan Senegal. Di Afrika, jenis ini memiliki nama African Snakehead. Panjang maksimal dari African Snakehead adalah 50 cm.

19. Channa Striata

Channa Striata

Nama lain dari Channa Striata adalah Snakehead Bergaris. Jenis ikan gabus ini paling banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Channa Striata dewasa dapat tumbuh hingga 1 meter dan jenisnya paling banyak ditemukan di Indonesia. Nama lain dari Striata adalah bayong, gabus, dan bogo.

20. Channa Punctata

Channa Punctata

Channa Punctata adalah jenis yang berasal dari Bangladesh, Nepal, Tibet, Myanmar, Srilanka, India, Pakistan, dan Afganistan. Habitat favorit ikan ini adalah kolam, air payau, dan rawa-rawa. Jika sudah dewasa, Punctata dapat tumbuh hingga 30 cm.

21. Channa Panaw

Channa Panaw

Spesies yang satu ini berasal dari Myanmar dan dapat tumbuh panjang hingga 17 cm. jenis yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di perairan Myanmar.

22. Channa Nox

Channa Nox

Channa Nox adalah spesies ikan gabus yang berasal dari China bagian Selatan. Gabus jenis ini masuk dalam kategori mini karena hanya mampu tumbuh hingga 20 cm saja.

23. Channa Melasoma

Channa Melasoma

Gabus hitam adalah nama lain dari Channa Melasoma. Persebarannya paling banyak berada di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Thailand. ukuran panjang Melasoma dewasa adalah 30 cm.

24. Channa Marulius

Channa Marulius

Channa Marulius adalah spesies ikan gabus yang berasal dari wilayah China Selatan, Asia Tenggara, dan Selatan. Jenis ini tergolong jumbo karena bisa tumbuh hingga 180 cm.

25. Channa Maculata

Channa Maculata

Spesies yang satu ini adalah ikan gabus endemik Vietnam Utara dan Cina. Jika sudah dewasa, jenis ini dapat mencapai panjang 30 cm.

26. Channa Harcourtbutleri

Channa Harcourtbutleri

Spesies endemik dari danau inle Myanmar ini tergolong dala spesies ikan gabus mungil. Panjang Channa Harcourtbutleri dewasa hanya 20 cm.

27.Channa Diplogramma

Channa Diplogramma, Gabus malabar, Snakehead Malabar

Channa Diaplogramma, Gabus malabar atau Snakehead Malabar adalah spesies endemik dari Semenanjung India. Panjang ikan gabus jenis ini adalah 480 mm.

28. Channa Burmanica

Channa Burmanica

Jenis ikan gabus ini merupakan endemik snakehead dari Burma Utara. Snakehead ini memiliki ukuran min dan masuk dalam golongan dwarf snakehead. Warna dari spesies ini mirip dengan Gachua. Budidaya Burmanica yang cukup sulit membuatnya susah ditemukan.

29. Channa Barca

Channa Barca, Barca Snakehead

Barca Snakehead adalah salah satu spesies ikan gabus yang sudah langka. Persebarannya meliputi daerah India dan Bangladesh. Pada tahun 2014 lalu, IUCN menyatakan ikan ini masuk dalam kategori hampir punah.

30. Channa Bankanensis

Channa Bankanensis

Ikan gabus ini berasal dari wilayah Asia Tenggara. Persebarannya meliputi Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, ikan ini mudah ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Pulau Bangka. Channa Bankanensis dewasa dapat tumbuh hingga ukuran 30 cm.

31. Channa Amphibeus

Channa Amphibeus

Spesies ikan gabus ini berada di wilayah Asia Selatan tepatnya Bhutan dan India. Sebutan lain dari jenis ini adalah Borna Snakehead dan dapat tumbuh hingga 90 cm.

32. Channa Asiatica

Channa Asiatica

Channa Asiatica adalah spesies ikan gabus yang berasal dari wilayah China dan Vietnam Utara. Panjang maksimal ikan ini adalah 40 cm. Ikan gabus jenis ini menyukai habitat perairan berarus pelan dan bersembunyi dibawah ranting.

33. Channa Andrao

Channa Andrao

Jenis channa ini ciri fisik hampir sama seperti channa amphibeus yaitu ada corak merah di tubuhnya, tetapi mempunyai fin yang lebih cerah. Channa Andrao adalah ikan gabus hias terkecil, karena dapat berkembang dengan ukuran tumbuh hanya mencapai 11 centimeter.

34. Channa aurantipectoralis

Channa aurantipectoralis, Ikan Gabus Channa aurantipectoralis

Channa aurantipectoralis adalah jenis chanan yang berasal dari India. Perpaduan corak warna pada tubuh ikan gabus ini sangatlah mempesona.

35. Channa Hoaluensis

Channa Hoaluensis

Ikan gabus ini berasal dari perairan Vietnam. Channa hoaluensis mempunyai ukuran maksimal tubuh mencapai 25 centimeter.

36. Channa Longistomata

Channa Longistomata

Channa longistomata adalah jenis snakehead dari Vietnam yang memiliki ukuran tubuh kecil. Untuk besar tubuh maksimalnya yaitu hanya 16 centimeter. Ikan gabus jenis ini sangat langka sekali diperjual belikan di Indonesia.

37. Channa Melanoptera

Channa Melanoptera

Jenis snakehead satu ini berhabitat di perairan Kalimantan dan Sumatra. Channa ini dapat tumbuh dan berkembang sampai ukuran 65 centimeter. Selain itu pakan ikan gabus ini sangat mudah.

Jenis Ikan Gabus Berdasarkan Kegunaannya

Membudidayakan ikan gabus dapat menjadi ladang bisnis yang cukup potensial. Hal ini dikarenakan permintaan terhadap ikan gabus semakin meningkat dari waktu ke waktu. Ada banyak opsi pembudidayaan yang bisa dipilih berdasarkan jenis ikan gabus. Bagi anda yang ingin mencoba membudidayakannya, berikut tips yang bisa anda ikuti.

1. Ikan Gabus Hias

Ikan gabus tidak hanya bisa dijadikan bahan makanan saja, tetapi juga bisa dijadikan ikan hias yang cantik. Pembudidayaan ikan gabus hias tidak hanya menguntungkan, namun juga dapat menghemat tempat dan praktis.

Hal ini dikarenakan jenis ikan gabus hias tidak membutuhkan banyak tempat dalam pembudidayaannya. Tempatkan saja di lahan yang secukupnya, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Meski pembudidayaan hanya dilakukan di tempat yang terbatas, keuntungan yang dihasilkan tentu tidak kalah potensial.

2. Ikan Gabus Segar

Peluang usaha ikan gabus yang selanjutnya adalah ikan gabus segar. Untuk membudidayakan ikan gabus yang satu ini, diperlukan lahan yang cukup luas agar ikan bisa berkembang dengan optimal.

Untuk ikan gabus segar yang berukuran sedang atau besar, biasanya dibanderol dengan harga 50 ribuan keatas. Dengan harga yang cukup fantastis, estimasi keuntungan yang bisa didapatkan mencapai 20%. Sebagai contoh, jika anda berhasil mendapatkan omset 500 juta dalam sekali panen, keuntungan bersih yang anda dapatkan adalah 100 juta.

3. Ikan Gabus Olahan

Bisnis yang satu ini tidak mengharuskan anda untuk membudidayakannya secara langsung, melainkan anda harus membelinya dari para pembudidaya ikan gabus. Kemudian, anda bisa mengolahnya menjadi makanan yang lezat dan enak.

Keuntungan dari bisnis ikan gabus yang satu ini adalah profit yang didapatkan akan jauh lebih banyak. Hal ini dikarenakan harga olahan ikan gabus akan lebih mahal ketimbang harga mentahnya. Banyak pengusaha yang sukses dalam berbisnis ikan gabus olahan ini.

Tidak hanya kaya akan manfaat, mencoba berbisnis ikan gabus juga bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Terlebih lagi jika bisa mengolahnya menjadi makanan bercitarasa lezat dan nikmat.

Baca Juga: Jenis Ikan Piranha, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Itulah ulasan mengenai jenis ikan gabus, budidaya, harga, ciri-ciri, dan habitat asli ikan gabus. Rutin mengkonsumsi ikan gabus akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Written by Portal Hewan