in

15 Cara Budidaya Ikan Oscar di Aquarium, Kolam Terpal dan Tembok

Cara Budidaya Ikan OscarIkan oscar merupakan salah satu ikan yang berasal dari negara Amerika serikat dan penyebarannya luas sehingga Indonesia. Ikan yang satu ini dibudidayakan karena memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai ikan hiasan. Maka tidak heran jika beberapa orang memilih untuk membudidayakan ikan ini. Lantas bagaimana cara budidaya ikan oscar yang baik dan benar sesuai teknik dan metode?

Budidaya Ikan Oscar

Untuk membudidayakan ikan Oscar memang memiliki banyak cara yang bisa dilakukan sesuai keinginan masing-masing. Mulai dari pemilihan indukan, menyiapkan peralatan, menyiapkan lahan serta cara-cara pemberian pakan harus benar. Sehingga ikan oscar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dan inilah beberapa cara yang mengenai budidaya ikan oscar yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cara-Cara Budidaya Ikan Oscar dengan Berbagai Media

A. Budidaya Ikan Oscar di Akuarium

Cara membudidayakan ikan oscar di dalam aquarium menjadi salah satu cara yang mudah untuk dilakukan. Cara atau langkah yang pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan. Biasanya peralatan untuk budidaya ikan oscar di aquarium tidak banyak. Namun Anda harus menentukan ukuran aquarium terlebih dahulu untuk nantinya digunakan.

Perlu Anda ketahui bahwa ikan oscar sendiri bisa tumbuh berkembang hingga dewasa mencapai ukuran 30 sampai 40 cm. Selain itu ikan berwarna cantik ini juga dapat memiliki berat yang berukuran 1,5 kg. Bercermin dari hal tersebut maka bercermin dari hal tersebut kemungkinan Anda harus menyiapkan aquarium berukuran besar. Dikarenakan nantinya pertumbuhan serta jumlah ikan oscar mempengaruhi pada ukuran aquarium.

1. Persiapan Akuarium

Anda bisa menyiapkan akuarium ukuran sekitar 1 meter x 50 cm atau 2 m x 50 cm. Kemungkinan besar ukuran aquarium 1 m x 50 cm bisa menampung sekitar empat sampai lima ikan oscar. Untuk ukuran 2 meter x 50 cm kemungkinan besar dapat menampung ikan sebanyak 9 sampai 10. Namun dalam hal ini Anda juga harus menyiapkan beberapa aquarium yang nantinya akan digunakan untuk penetasan.

2. Pemilihan Bibit Ikan Oscaar

Setelah aquarium didapatkan, Anda bisa pergi untuk membeli bibit atau indukan dari ikan oscar. Dalam pemilihan bibit di sini memiliki metode serta cara yang harus Anda cermati. Pemilihan bibit dari ikan oscar yang berusia sekitar 1,5 sampai 2 tahun. Pada umumnya ikan yang berusia tersebut memiliki panjang sekitar 15 cm dan memiliki tinggi sekitar 10 cm. Pilihlah bibit yang memiliki warna cerah.

Biasanya bibit yang memiliki warna cerah nantinya juga berpengaruh pada warna tubuh ketika beranjak dewasa. Selain itu Anda wajib memilih bibit yang memiliki gerak aktif atau tidak pasif. Hal itu menandakan bibit ikan oscar memiliki kesehatan yang terjamin untuk bisa dibudidayakan. Pemilihan induk jantan biasanya memiliki ciri ukuran tubuh relatif panjang serta alat kelamin lebih menonjol.

Sedangkan di sisi yang lain pemilihan induk betina memiliki perut yang lebih gendut dibandingkan ikan jantan. Selain itu lubang kelamin pada induk betina cenderung lebih besar dan perbedaan yang sangat menonjol dibanding induk jantan. Setelah itu Anda bisa masuk ke dalam tahap mencari pasangan pada ikan oscar atau dikenal dengan proses pemijahan.

3. Proses Pemijahan

Cara ternak ikan oscar memang tergolong mudah dan simpel, namun langkah-langkah nya harus tepat dan benar. Anda bisa menggunakan aquarium atau ada yang cukup besar untuk melakukan proses pemijahan pada ikan. Selain itu anda dapat mengisi volume air sebanyak 1 per 3 dari wadah tersebut. Sebaiknya Anda memberikan sekat pada wadah tersebut memasukkan beberapa batu ataupun kerikil.

Hal ini sangat berguna karena ikan oscar jantan dan betina dapat beradaptasi dengan cepat sesuai dengan habitatnya sendiri. Kemudian Anda dapat memasukkan jumlah ikan jantan dan betina yang memiliki jumlah sama. Dalam hal ini sebaiknya Anda memasukkan ikan oscar berjenis kelamin betina pada waktu pagi hari untuk memudahkan beradaptasi.

Kemudian masukkan ikan jantan menjelang waktu sore hari. Dan kemungkinan besar semua ikan jantan akan memilih pasangannya masing-masing dalam waktu semalam. Jika ikan jantan dan betina telah menemukan pasangan yang masing-masing maka Anda wajib memisahkan beberapa ikan tersebut. Jika sudah dipindahkan maka tunggulah ikan betina mengeluarkan atau memproduksi telur.

5. Penetasan Telur

Biasanya telur yang akan diproduksi sekitar 1000 sampai 3.000. Anda dapat memindahkan telur tersebut ke dalam aquarium yang mempunyai ukuran sekitar 70 x 40 x 10 cm. Cara budidaya ikan oscar yang selanjutnya adalah menunggu telur tersebut menetas selama kurang lebih 25 hari kedepan. Jika nantinya sudah menetas maka segala pindahkan ke wadah yang lebih besar.

Kemungkinan Anda harus memerlukan wadah yang berukuran 2 x 1 x 3 m dengan ketinggian air sekitar 25 cm. Wadah berukuran tersebut dapat menampung sekitar 300 ekor anakan oscar yang siap dipasarkan. Kemudian Anda bisa menambahkan beberapa tumbuhan di dalamnya seperti eceng gondok. Lalu tempatkan di tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan ikan tersebut.

6. Merawat Anakan

Dalam merawat anakan ikan oscar yang telah mencapai 2 bulan maka Anda bisa memberikan cacing rambut sebagai pakan. Namun jika usia ikan telah mencapai 5 sampai 6 bulan, anda bisa mengganti pakan dengan udang hidup. Dalam hal ini Anda bisa melakukan pemilihan untuk nantinya dijadikan sebagai indukan ikan jantan dan betina. Anda wajib memberikan pakan yang rutin untuk kesehatan ikan.

Selain itu Anda wajib membersihkan kebersihan aquarium jika air telah keruh. Penggantian air di sini tidak lakukan semuanya atau sisakan air 1 per 3 dari volume air sebelum nya. Hal ini memiliki tujuan agar ikan oscar tidak kembali beradaptasi dengan pergantian air baru. Dan itulah beberapa cara membudidayakan ikan oscar di aquarium yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

B. Budidaya Ikan Oscar Di Kolam Terpal

Setelah membahas beberapa cara mengenai budidaya ikan oscar di akuarium, kali ini terdapat cara budidaya di kolam terpal. Sebenarnya budidaya oscar di kolam terpal tidak jauh berbeda dibandingkan di akuarium. Yang membedakan hanya segi tempat serta jumlah ikan yang tersedia nantinya. Dan berikut ini beberapa cara budidaya ikan Oscar di kolam terpal yang bisa Anda lakukan.

1. Persiapan Lahan dan Kolam Untuk Budidaya

Langkah pertama adalah Anda harus menyiapkan terlebih dahulu lahan yang akan digunakan untuk membuat kolam terpal. Usahakan lahan yang akan dibuat memiliki ukuran yang cukup luas dan terhindar dari berbagai ancaman. Ancaman disini dapat berubah tanah longsor, jalan raya, ataupun jauh dari pabrik yang mengandung zat-zat berbahaya. Hal ini nantinya akan mempengaruhi kelangsungan ikan.

Selanjutnya Anda bisa membuat kolam dengan ukuran yang diinginkan. Setidaknya Anda bisa membuat 2 kolam terpal dengan ukuran yang sama 5 x 3 x 1 meter. Setelah itu Anda bisa memasang terpal yang memiliki daya tahan kuat atau tidak mudah rusak. Sehingga Anda tidak perlu mengganti terpal tersebut saat nantinya digunakan. Namun tunggu sekitar 2 hari sampai kolam kering yang nanti ditutup terpal.

2. Pemilihan Indukan

Setelah itu Anda bisa membeli indukan jantan dan betina yang di mana tidak dijual di toko-toko ikan terdekat. Untuk memilih indukan jantan dan betina terdapat beberapa cara agar pilihan yang dipilih tepat. Pilihlah indukan jantan memiliki ciri antara lain tubuhnya berbentuk sedikit lonjong dan panjang. Biasanya indukan jantan memiliki alat kelamin yang lebih menonjol dibandingkan indukan betina.

Di lain sisi untuk memilih indukan betina sendiri pilihlah indukan yang memiliki tubuh berbentuk bulat. Biasanya tubuh indukan ikan jantan dan betina sangat mencolok. Serta indukan betina memiliki lubang kemaluan yang lebih besar dibandingkan indukan jantan. Selain itu Anda wajib memilih indukan yang memiliki pergerakan agresif dan aktif. Hal ini berkaitan langsung dengan kesehatan ikan tersebut.

Biasanya indukan oscar yang memiliki pergerakan pasif sangat rentan untuk terkena penyakit dan kemungkinan besar mudah sekali mati. Anda bisa memilih indukan jantan dan betina dalam jumlah yang sama sesuai dengan keinginan.

3. Proses Pemijahan di Kolam

Setelah itu Anda bisa masuk ke proses pemijahan ikan yang akan berlangsung selama 1 hari. Disini Anda bisa menyiapkan satu wadah yang berukuran cukup besar. Anda bisa menggunakan wadah berukuran 50 x 30 x 20 cm. Langkah selanjutnya Anda bisa memasukkan air yang bersih serta beberapa batu untuk membuat ikan lebih mudah beradaptasi. Sebaiknya Anda memasukkan indukan ikan betina terlebih dahulu di waktu pagi hari. Hal ini bertujuan agar indukan betina dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan wadah yang telah Anda siapkan serta beberapa batu di dalamnya.

Jika menjelang sore hari Anda bisa memasukkan indukan ikan jantan dalam jumlah yang sama seperti halnya ikan betina. Dalam waktu semalam ikan jantan dan betina akan memilih pasangannya masing-masing. Sehingga di waktu pagi hari Anda bisa memisahkan beberapa ikan yang telah berpasangan. Dalam hal ini Anda bisa memberikan wadah-wadah dari ikan-ikan tersebut.

Anda juga bisa memberikan sedikit tanaman air seperti halnya eceng gondok dalam jumlah yang serta beberapa sekat di dalamnya. Biasanya proses perkawinan untuk pembuatan telur di sini akan berlangsung sekitar 25 hari kedepan. Jadi Anda wajib memperhatikan dengan baik kondisi air serta pakan yang diberikan kepada indukan jantan dan betina.

4. Proses Perawatan Awal

Cara budidaya ikan oscar memang terbilang mudah namun Anda wajib melakukannya dengan betul. Jika proses pemberian pakan terlambat maka dapat dipastikan ikan akan mudah stres. Dikarenakan ikan tidak mendapatkan asupan makanan dalam bentuk wadah yang terbatas. Jika setelah 25 hari telur telah menetas maka Anda bisa memindahkan telur tersebut ke dalam kolam terpal yang telah disediakan.

Dalam tahap ini Anda wajib bersabar serta rutin untuk pemberian pakan ikan hingga nantinya dewasa. Jika usia anakan ikan oscar telah mencapai 2 bulan maka, Anda bisa memberikan pakan cacing dalam jumlah yang stabil. Namun jika usia anakan ikan oscar telah mencapai sekitar 5 sampai 6 bulan Anda dapat memberikan pakan sejenis udang hidup. Hal ini akan mempengaruhi kecukupan nutrisi pada ikan.

5. Perawatan Setelah Ikan Berusia 1 Tahun

Setelah berusia sekitar 1 tahun lebih Anda dapat memilih sendiri indukan ikan jantan ataupun betina yang nantinya bisa digunakan kembali. Anda juga bisa memilih sendiri ikan oscar yang mempunyai warna terbaik ataupun cerah. Namun di sisi lain Anda juga perlu memperhatikan proses pembersihan dari air di kolam terpal yang nantinya keruh. Usahakan jangan sering mengganti air sebab sangat berpengaruh.

Usahakan mengganti air pada kolam terpal tidaknya 1 bulan sekali. Namun hal ini juga bergantung pada pemberian pakan yang Anda berikan. Jika pemberian pakan terlalu banyak maka air pada kolam terpal akan mudah keruh dan kotor. Sehingga Anda wajib untuk membersihkan demi kesehatan ikan. Dan itulah beberapa cara budidaya ikan oscar di kolam terpal yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

C. Budidaya Ikan Oscar Di Kolam Tembok

Untuk berbudidaya ikan oscar di kolam tembok tentunya membutuhkan banyak peralatan yang perlu disiapkan. Peralatan serta bahan bahan material yang mendukung nantinya dapat mempengaruhi siklus serta perkembangan ikan tersebut untuk dibudidayakan. Namun selain itu,dalam hal proses pemilihan indukan serta tahap pemecahan sama halnya dapat dilakukan dengan cara-cara sebelumnya.

Cara budidaya ikan oscar di kolam tembok harus mempersiapkan peralatan seperti halnya cangkul, alat bangunan, mesin pengaduk lumpur dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga harus memilih material atau semen yang berkualitas. Sehingga nanti usia dari kolam tembok dapat berlangsung secara lama. Jadi kemungkinan untuk terjadinya kebocoran atau kerusakan pada kolam tembok sangatlah kecil.

1. Persiapan Kolam

Seperti halnya budidaya ikan oscar di kolam terpal, Anda bisa menyiapkan kolam sesuai dengan keinginan. Namun setidaknya ukuran kolam tembok yang wajib dibuat sekitar 5 x 3 x 1,5 m. Setelah kolam selesai untuk dibangun, Anda bisa melakukan proses pengeringan selama 1 sampai 2 hari. setelah itu Anda dapat melakukan tahap pengapuran pada dinding dinding kolam secara merata.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi bocor atau pun beberapa hal lain yang tidak diinginkan sebelumnya. Setelah itu Anda bisa mengisi kolam tembok dengan air yang mencukupi atau tidak lebih dari ukuran. Jika kolam telah terisi air maka Anda bisa memberikan batang buah pisang sejumlah 2-3 berukuran sedang. Hal ini bertujuan untuk membunuh beberapa zat berbahaya yang masih ada di kolam tembok.

Anda dapat melakukan tahap ini selama kurang lebih 2 hari sampai batang buah pisang sedikit membusuk. Setelah kolam selesai dibuat dan disiapkan maka Anda perlu mencari terlebih dahulu indukan ikan jantan dan betina. Dalam pemilihan indukan jantan dan betina di sini harus melewati beberapa cara dan langkah. Pilihlah indukan yang memiliki warna cerah atau tidak gelap.

2. Proses Pemilihan Indukan Ikan

Selain itu pilihlah indukan yang memiliki pergerakan aktif serta agresif. Dikarenakan hal ini sangat mempengaruhi kesehatan serta terhindar dari segala macam penyakit. Selain itu nantinya akan berpengaruh langsung pada warna kulit dari ikan oscar ketika telah beranjak dewasa. Untuk memilih indukan ikan jantan, biasanya terdapat kelamin di bagian bawah ikan yang sedikit menonjol.

Selain itu ukuran tubuh dari indukan ikan jantan sedikit lebih panjang dan lonjong. Di lain sisi untuk memilih indukan ikan betina sebaiknya memiliki ukuran tubuh sedikit bulat. Selain itu pada bagian bawah indukan ikan betina memiliki kelamin yang cukup besar. Hal ini yang membedakan antara indukan ikan jantan betina. Anda bisa memilih jumlah yang sama dari indukan jantan maupun betina.

3. Proses Perkawinan Ikan

Setelah itu Anda bisa menyiapkan wadah yang dapat menampung jumlah indukan ikan jantan maupun betina. Dalam proses perkawinan ini kemungkinan besar akan berlangsung selama satu hari penuh. Jadi usahakan Anda memasukkan terlebih dahulu indukan ikan betina pada waktu pagi hari. Selain itu Anda dapat memberikan hiasan pada wadah baru tersebut dan juga batu-batu kerikil.

Hal ini bertujuan agar indukan ikan betina dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan kondisi serta lingkungan di sekitar. Karena nantinya indukan betina akan mengeluarkan telur pada wadah yang ditempati tersebut. Setelah itu jika hari menjelang sore, Anda dapat memasukkan indukan jantan ke dalam wadah. Yang pasti jumlah indukan betina dan indukan jantan sama rata atau tidak berlebih.

Proses perkawinan dan pemilihan pasangan akan berlangsung selama 1 malam. Anda bisa mengamati pada esok hari ketika ikan jantan dan ikan betina sudah saling memilih pasangannya sendiri-sendiri. Jika sudah begini Anda dapat memindahkan satu persatu ikan ke dalam kolam. Yang nantinya ikan-ikan tersebut akan menjalani proses penetasan telur yang kemungkinan besar membutuhkan waktu 25 hari.

4. Pembersihan Kolam Secara Rutin dan Pemberian Pakan

Selama waktu langsung Anda harus memberikan pakan yang teratur serta menjaga kebersihan dari air di kolam tembok. Anda bisa memberikan pakan sebanyak 2 kali dalam sehari dan tidak berlebih. Jangan sampai pemberian pakan telat dikarenakan ikan akan mudah stress karena tidak memiliki aswan makanan. Selain itu perawatan kolam juga wajib diperhatikan tergantung tingkat kebersihan sekitar.

Semakin banyak Anda memberikan pakan maka semakin besar pula skala kotoran yang ada di dasar kolam. jadi Anda wajib mengimbangi pemberian pakan dalam sehari secara teratur. Jika nantinya usia dari anakan ikan oscar telah menginjak 2 bulan, Anda dapat memberikan pakan berupa cacing. Pemberian pakan cacing di sini juga disarankan tidak berlebih atau sesuai standar yang berlaku.

Jika nantinya usia dari anakan ikan oscar telah menginjak 5 sampai 6 bulan, maka pemberian pakan juga harus berganti ke udang hidup. Kandungan nutrisi serta gizi yang ada di dalam udang akan membantu pertumbuhan dari ikan oscar. Dan itulah beberapa hal atau cara yang bisa Anda terapkan untuk membudidayakan ikan oscar di kolam tembok.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Piranha Bagi Pemula Secara Lengkap

Analisis Usaha Budidaya Ikan Oscar

Ikan hias menjadi salah satu ikan yang banyak dicari oleh beberapa orang dengan tujuan dinikmati keindahan dari pesona ikan tersebut. Di dunia ini terdapat beberapa jumlah ikan hias dari ciri-ciri serta karakteristik yang berbeda. Seperti halnya ikan oscar, ikan yang satu ini memang berasal dari benua Amerika, namun hingga saat ini penyebarannya luas hingga masuk ke ke negara Indonesia.

Namun meskipun begitu populasi dari ikan oscar dikabarkan mulai menurun dan diklaim langka. Bahkan populasi dari ikan Oscar sendiri di habitat aslinya hanya sedikit yang bisa bertahan. Ikan oscar sendiri memiliki tubuh yang bisa dikatakan cukup besar jika dijadikan sebagai ikan hiasan. Ikan yang satu ini menjadi populer dan namanya dikenal luas karena memiliki warna kulit serta keindahan yang menarik.

1. Ikan Oscar Yang Langka dengan Prospek Usaha yang Tinggi

Berkaca dari populasi ikan oscar yang mulai menurun hingga mendekati status langka, beberapa orang berlomba-lomba untuk membudidayakan ikan yang satu ini. Untuk membudidayakan ikan oscar memang tergolong tidak mudah untuk dilakukan. Bahkan bagi Anda yang masih pemula atau belum sama sekali paham mengenai cara budidaya ikan. Namun jika dilakukan dengan betul maka akan sangat beruntung.

Untuk membudidayakan ikan oscar memiliki beberapa cara yang bisa dilakukan seperti yang telah dijelaskan di atas tadi. Yakni budidaya ikan oscar di dalam akuarium, budidaya ikan oscar di kolam terpal dan budidaya ikan oscar di kolam tembok. Tentunya dari beberapa cara budi daya disini memiliki keuntungan serta kerugian jika dilihat dari analisis usaha.

Jika dilihat dari cara budidaya ikan oskar, memang tergolong mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Terlebih lagi minat yang dimiliki oleh beberapa orang dengan ikan oscar tergolong tinggi sebab memiliki warna yang menarik. Jadi tidak mengherankan jika peluang usaha dari bisnis ikan oscar ini sangat menguntungkan jika dilakukan dengan baik.

Bahkan prospek dari penjualan ikan oscar di sini dapat dikatakan tinggi pada beberapa tahun mendatang. Karena di sisi yang lain populasi dari ikan hias yang satu ini mulai langka dan sulit untuk didapatkan. Bahkan hanya orang-orang yang bisa mendapatkan atau memelihara ikan Oscar dari Amerika serikat ini. Namun jika Anda ingin benar-benar menggeluti bisnis usaha ikan oscar ini wajib tahu tentang analisanya.

2. Bisnis Mudah dimulai dengan Modal Relatif Rendah

Untuk memulai bisnis atau cara budidaya ikan oscar ini tidaklah sulit atau mudah untuk dilakukan. Yang terpenting Anda mengetahui metode serta cara yang khusus untuk merawat serta mengembangkan usaha. Selain itu bisnis dari ikan ini tidak akan mati karena memiliki minat dari beberapa orang yang sudah membeli ikan hias. Di sisi yang lain model yang digunakan juga tidaklah banyak.

Dengan modal yang relatif sedikit Anda dapat menyulap pekarangan belakang rumah menjadi kolam peternakan dari ikan oscar tersebut. Namun jika Anda tidak memiliki lahan atau pekarangan yang luas, dapat menggunakan cara budidaya ikan oscar di dalam akuarium. Selain itu peralatan yang digunakan untuk bisnis atau peternakan ikan oscar di sini juga tidaklah banyak.

Anda hanya membutuhkan pompa, selang air, timba, jaring, jirigen, dan sebagainya menyangkut dari pembuatan kolam tersebut. Selain itu konsumen dari bisnis yang satu ini juga terbilang banyak, mulai dari peminat ikan oscar hiasan serta beberapa orang yang yang suka dengan ikan hias. Di lain sisi untuk menjual ikan oscar di sini juga memiliki banyak jalan yang bisa Anda gunakan.

3. Penjualan Hasil Budidaya

Anda dapat menjual ikan oscar secara langsung di pasar pasar terdekat, atau menjualnya ke pengepul. Selain itu Anda juga bisa menjual ikan ini ke sesama pecinta ikan hias dari berbagai wilayah. Dengan begitu kemungkinan besar ikan oscar akan terjual lebih besar dan memiliki keuntungan besar. Biasanya harga jual dari ikan tersebut tergantung dari pasar serta populasi dari ikan tersebut.

Jika populasi dari ikan oscar menurun, maka ikan tersebut dapat dijual dengan harga sekitar 200 sampai 400 ribu. Namun jika populasi dari ikan stabil atau tinggi kemungkinan besar untuk menjual ikan ini berkisar antara 100 sampai 300 ribu. Di sisi yang lain kerugian dari bisnis yang satu ini tidaklah banyak namun Anda hanya menghadapi persaingan yang ketat dengan orang lain.

Jadi Anda wajib memiliki prinsip serta kata-kata usaha yang yang jitu untuk memasarkan ikan oscar agar laku di pasaran. Selain itu pemberian pakan dari ikan yang satu ini cukup sulit. Jika beranjak dewasa ikan oscar harus diberi pakan udang hidup. Namun hal tersebut tentunya bisa Anda lewati atau memiliki cara untuk dapat mengatasinya.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Guppy di Aquarium, Ember dan Kolam Terpal

Dari keterangan di atas tadi, itulah beberapa cara budidaya ikan oscar yang bisa Anda terapkan sendiri rumah. Tentunya penerapan dari budidaya ikan Oscar di sini tergantung dari modal serta kesiapan yang Anda miliki. Anda juga bisa memilih serta menetapkan bagaimana cara untuk membudidayakan ikan Oscar dengan baik dan benar.

Written by Portal Hewan