in

8 Jenis Ikan Aligator, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jenis Ikan Aligator – Ikan aligator merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang bersifat predator karena selalu memburu ikan-ikan kecil sebagai sumber makanannya. Ikan aligator termasuk ikan yang berbahaya karena pernah menggigit tangan seorang balita yang masih berusia 1,5 tahun bernama Zishan Ochean Barra. Ada banyak sekali jenis ikan aligator di dunia ini. Selain itu sebutan untuk ikan ini juga banyak, misalnya gar, ikan buaya, hingga ikan spatula.

Ikan Aligator, Jenis Ikan Aligator, Ikan Aligator Berbahaya

Klasifikasi Ilmiah Ikan Aligator

  • Filum                 : Chordata
  • Kelas                  : Osteichthyes
  • Ordo                  : Lepisosteiformes
  • Family                : Lepisosteidae
  • Genus                : Lepisosteus Lacepède, 1803

Morfologi Ikan Aligator

Ikan aligator memiliki bentuk mulut monjong panjang dengan gigi-gigi yang tajam sehingga disebut ikan buaya. Ikan tersebut juga banyak diburu oleh penggemar ikan predator. Apabila ingin memelihara ikan aligator, Anda harus menyediakan akuarium berukuran besar karena panjang ikan ini bisa mencapai 1 meter. Anda juga bisa membuat kolam khusus bila ingin memeliharanya dalam jumlah yang banyak.

Kumpulan Macam Jenis Ikan Aligator

Ada berbagai jenis dan macam ikan aligator di seluruh Dunia. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenisnya:

1. Longnose Gar (Lepisosteus Osseus)

Longnose Gar (Lepisosteus Osseus)

Longnose gar merupakan salah satu jenis ikan aligator yang banyak ditemukan di Amerika Utara dan Amerika Tengah. Ikan ini terlihat menyeramkan karena memiliki bentuk mulut yang moncong serta bergerigi. Meskipun menyeramkan, ikan ini ternyata dulu menjadi bahan makanan oleh masyarakat setempat. Seiring perkembangan zaman, ikan ini sudah jarang dikonsumsi.

Di Amerika, ikan longnose gar sering menjadi bahan lomba memancing. Kalau di Indonesia, ikan ini biasanya digunakan sebagai penghias akuarium yang ukurannya besar. Ikan ini memiliki moncong dan juga motif sisik yang unik, sehingga orang-orang tertarik untuk memeliharanya sebagai ikan hias.

Apabila ingin memelihara ikan ini, Anda harus menyediakan akuarium berukuran besar. Hal ini disebabkan karena ikan longnose gar memiliki ukuran yang besar dengan panjang rata-rata 0,71 hingga 1,2 meter. Bahkan, ikan ini panjang maksimalnya bisa mencapai 1,8 meter. Sedangkan untuk bobotnya, ikan ini bisa mencapai berat maksimal 25 kilogram.

Ikan longnose gar merupakan ikan yang bersifat predator. Ikan ini memburu mangsa dengan cara menyergap. Ikan tersebut biasanya suka memangsa ikan-ikan yang berukuran lebih kecil. Selain itu, ikan ini juga memangsa serangga dan crustacea kecil. Ikan ini akan memanfaatkan rahangnya yang kuat untuk menangkap mangsa. Biasanya ia mengincar kepala mangsa terlebih dahulu kemudian menelannya.

Ikan longnose gar sangat beracun bila dikonsumsi manusia. Hanya ikan-ikan predator lain yang bisa kebal terhadap racun dari ikan ini. Jadi, jangan sekali-kali membeli ikan ini untuk bahan konsumsi. Belilah ikan ini untuk penghias akuarium saja. Anda bisa membeli ikan aligator jenis longnose gar dengan kisaran harga Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 untuk anakan dan kisaran harga Rp. 150.000 hingga 350.000 untuk dewasa.

2. Florida Gar (Lepisosteus Platyrhincus)

Florida Gar (Lepisosteus Platyrhincus)

Ikan florida gar banyak ditemukan di Amerika Serikat tepatnya di sepanjang sungai Ochlockonee dan di sepanjang Semenanjung Florida. Ikan ini juga memiliki moncong seperti jenis ikan aligator lainnya. Ikan florida gar memiliki motif sisik yang sangat unik. Anda akan melihat motif bintik hitam seperi macan tutul pada bagian atas kepala serta seluruh tubuh dan sirip analnya.

Selain itu, ikan florida gar memiliki warna coklat olive pada bagian punggung dan sisi atas serta warna putih atau kuning di bagian perut. Namun, motif ikan florida gar sangat berbeda ketika masih muda. Di usia muda, ikan ini hanya memiliki motif garis-garis gelap pada bagian belakang dan samping.

Ikan florida gar memiliki kebiasaan yang unik ketika berburu. Ikan ini biasanya mengapung di permukaan air secara diam-diam. Itu merupakan bentuk penyamaran yang mana ikan ini akan terlihat seperti tongkat atau sebatang kayu. Ketika ada mangsa yang lewat, ia akan langsung menerkam mangsa dengan giginya yang sangat tajam. Mangsa tidak akan berkutik karena diserang secara tiba-tiba.

Ikan florida gar juga sangat bagus untuk mengisi akuarium Anda. Ketika dewasa, ikan ini panjangnya bisa mencapai kisaran 0.51 hingga 1,3 meter. Untuk beratnya bisa mencapai kisaran antara 1,36 hingga 4,36 kilogram. Anda juga harus menyiapkan akuarium ukuran besar untuk jenis ini. Selain itu, akuarium juga harus kuat agar tidak mudah rusak.

Ikan florida gar tergolong ikan yang cantik dan sangat unik. Meskipun begitu, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya karena ikan jenis ini banyak dijual di pasaran. Namun, ikan ini harganya cukup mahal. Anda bisa membelinya seharga Rp. 60.000 hingga Rp. 120.000 untuk anakan dan seharga Rp. 350.000 hingga Rp. 900.000 untuk dewasa.

3. Cuban Gar (Atractosteus Tristoechus)

Cuban Gar (Atractosteus Tristoechus)

Cuban gar merupakan salah satu dari jenis ikan aligator yang banyak ditemukan di daerah Kuba Barat dan di Isla De La Juventud. Ikan ini hidup di daerah tropis dengan suhu antara 18o Celcius hingga 23o Celcius. Ikan ini hidup di kolam air tawar, sungai hingga rawa-rawa.

Ikan cuban gar panjangnya bisa mencapai 2 meter ketika sudah dewasa. Selain ukurannya yang besar, ikan ini juga sangat berbahaya apalagi ketika sedang lapar. Apabila Anda ingin memelihara ikan ini maka harus sangat berhati-hati. Jangan biarkan ikan ini menyerang Anda. Di habitat asal, Ikan cuban gar biasanya memangsa berbagai jenis ikan dan burung.

Selain untuk dipelihara, ternyata ikan cuban gar juga bisa menjadi bahan konsumsi. Namun kita harus berhati-hati dalam mengonsumsinya karena telur ikan ini mengandung racun. Anda bisa membeli ikan cuban gar dengan harga Rp. 30.000 hingga 50.000 untuk usia anakan. Sedangkan untuk usia dewasa dengan harga Rp. 150.000 hingga Rp. 450.000. Namun, sayangnya ikan jenis ini sudah hampir punah.

Agar cuban gar tidak mengalami kepunahan maka harus dilakukan penangkaran. Untuk memelihara ikan cuban gar terhitung sangat mudah. Selain itu, ikan ini juga bisa hidup hingga puluhan tahun. Apabila penangkaran dilakukan dengan baik maka cuban gar bisa selamat dari ancaman kepunahan

4. Tropical gar (Atractosteus Tropicus)

Tropical gar (Atractosteus Tropicus)

Tropical gar merupakan jenis ikan aligator yang banyak ditemukan di perairan Meksiko hingga Kuba. Ikan tropical gar sangat mirip dengan ikan longnose gar jika dilihat dari warna dan corak sisiknya. Hanya saja ikan tropical gar memiliki moncong yang lebih lebar dan lebih pendek daripada ikan longnose gar.

Ikan tropical gar yang hidup di alam liar dapat tumbuh besar dengan panjang maksimal mencapai 1,25 meter. Namun, ikan tropical gar yang hidup di penangkaran memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek jika dibandingkan dengan ikan tropical gar yang hidup di alam liar.

Saat ini, ikan aligator jenis tropical gar sangat sulit ditemui di pasaran. Sehingga ikan ini termasuk langka dan memiliki harga yang cukup mahal. Anda bisa membeli ikan ini mulai dari harga Rp. 35.000 hingga Rp 60.000 untuk yang masih anakan dan harga Rp. 250.000 hingga Rp. 500.000 untuk usia yang sudah dewasa.

5. Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus)

Spotted Gar (Lepisosteus Oculatus)

Spotted gar merupakan salah satu dari jenis ikan aligator yang langka. Ikan ini sangat sulit ditemukan baik di alam liar maupun di pasaran. Populasi ikan ini semakin menurun jumlahnya seiring berjalannya waktu. Jika tidak dilakukan penangkaran dengan baik bisa-bisa ikan ini mengalami kepunahan.

Ikan aligator jenis spotted gar memiliki ukuran yang sangat besar. Biasaya ikan spotted gar betina ukurannya lebih besar daripada ikan spotted gar jantan. Selain itu, ikan spotted gar betina memiliki usia yang lebih panjang daripada ikan dengan jenis yang sama dengan kelamin jantan. Rata-rata ikan spotted gar bisa bertahan hidup hingga usia 18 tahun.

Ikan spotted gar termasuk jenis aligator yang cantik dan pastinya memiliki harga cukup mahal di pasaran. Ikan ini memiliki corak yang unik. Selain itu, ia juga memiliki sisik dengan pola bintik-bintik hitam yang besar dan warna dasar silver keemasan. Harga ikan spotted gar mencapai kisaran Rp. 80.000 hingga Rp. 150.000 untuk anakan. Sedangkan untuk yang dewasa kisarannya sekitar Rp. 400.000 hingga Rp. 1.200.000.

6. Alligator Gar / Spatula (Atractosteus Spatula)

Alligator Gar / Spatula (Atractosteus Spatula)

Alligator gar merupakan jenis ikan aligator yang paling besar di dunia. Ikan ini juga sering disebut alligator spatula. Jenis tersebut banyak ditemukan di Amerika Utara atau tepatnya dari wilayah Montana ke Quebec Selatan san Kosta Rika. Selain itu, perlu diketahui bahwa ia telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, mulai dari perairan Eropa, Afrika, Asia Selatan, dan Amerika Selatan.

Ikan alligator gar memiliki bentuk tubuh yang silindris mirip torpedo dan memiliki mulut moncong serta bergigi tajam mirip buaya. Selanjutnya, ia memiliki sisik yang tebal dan tumpang tindih. Bentuk ini biasa biasa disebut dengan sisik ganoid. Ikan ini berwarna coklat zaitun pada bagian atas tubuhnya. Sedangkan bagian bawah perutnya, berwarna agak terang.

Alligator gar memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan berat maksimalnya bisa mencapai 159 kilogram. Sedangkan panjang maksimal ikan ini, bisa mencapai 3 meter. Ikan Alligator gar dewasa memiliki berat rata-rata antara 45 hingga 73 kilogram. Untuk ukuran panjang, alligator gar dewasa rata-rata bisa mencapai 1,2 meter hingga 2 meter.

Saat ini, populasi ikan alligator gar semakin menurun karena banyak ditangkap secara besar-besaran oleh masyarakat setempat. Selain itu, pembangunan bendungan dan pengendalian banjir juga menjadi sebab turunnya populasi ikan alligator gar. Penangkaran sangat diperlukan agar ikan ini tidak punah.

Alligator gar atau alligator spatula termasuk jenis ikan aligator yang banyak diperjual belikan di pasaran. Harga ikan ini mencapai kisaran Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 untuk anakan dan berada di kisaran Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000 untuk dewasa.

7. Shortnose Gar (Lepisosteus Platostomus)

Shortnose Gar (Lepisosteus Platostomus)

Shortnose gar merupakan jenis ikan aligator asli Amerika Serikat yang banyak ditemukan di sepanjang perairan Missisippi dan Missouri. Lokasi tepatnya ialah terhitung dari Montana ke barat dan sungai Ohio ke arah timur kemudian ke selatan hingga pantai teluk. Ikan ini biasanya menghuni perairan yang tenang misalnya di sungai besar atau kolam yang besar.

Shortnose gar memiliki moncong yang lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis ikan aligator lainnya. Tubuh bagian atas Ikan shortnose gar berwarna coklat atau hijau zaitun, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna keputihan.

Ikan shortnose gar memiliki rahang yang kuat serta gigi yang tajam. Ketika berburu, shortnose gar akan mendatangi mangsanya secara diam-diam dan perlahan. Setelah waktunya tepat, ikan ini akan langsung menyergap mangsanya. Rahang serta giginya yang kuat berguna untuk mengunci mangsa yang ingin melarikan diri.

Harga shortnose gar mencapai kisaran Rp. 25.000 hingga Rp. 40.000 untuk usia anakan. Sedangkam untuk yang sudah dewasa mencapai kisaran Rp. 125.000 hingga Rp. 300.000.

8. Platinum Gar (Leucistic)

Platinum Gar (Leucistic)

Ikan platinum gar sebenarnya jenis ikan aligator yang cacat secara genetik. Ikan ini menderita kekurangan pigmen warna sehingga jadi terlihat perak keputih-putihan. Namun, ternyata hal tersebut justru memberikan keindahan tersendiri. Ikan ini menjadi tampak eksotis dan terhitung langka. Karena hal tersebut, ikan ini diberi nama platinum gar.

Ikan yang cacat secara genetik ini, kadang ada yang berwarna perak keputih-putihan, kadang ada juga yang berwarna putih dengan tampak corak pada kulitnya meskipun samar. Untuk ikan yang berwarna perak keputih-putihan, memakai sebutan platinum gar. Sedangkan untuk yang berwarna putih dengan corak yang samar memakai sebutan snow white.

Sebenarnya kasus ini sering terjadi pada hampir semua jenis hewan, misalnya buaya putih, harimau putih, dan hewan-hewan lainnya. Bahkan, manusia juga mengalami kasus seperi ini. Katakan saja seperti kasus albino. Bedanya, untuk hewan kasus ini bisa menjadi sesuatu yang lebih bagus serta membawa nilai ekstetika tersendiri. Tapi bagi manusia, kasus ini merupakan kelainan yang sangat tidak diinginkan.

Harga ikan platinum gar menjadi sangat mahal. Hal ini tidak lepas dari keindahan serta kelangkaan keberadaan ikan tersebut. Untuk ikan florida gar platinum, harganya bisa mencapai kisaran Rp. 2000.000 hingga Rp. 10.000.000. Ini bahkan hanya berlaku untuk ukuran 10 sampai 20 centimeter saja.

Sedangkan, untuk jenis spatula platinum harganya bisa menjadi Rp. 5.000.000 hingga Rp. 50.000.000 untuk ukuran yang sama, yaitu kisaran 10 sampai 20 centimeter.

Di Indonesia, jenis ikan aligator sebenarnya termasuk ikan yang dilarang untuk diperjual belikan sama halnya dengan ikan piranha. Ikan ini dinilai membahayakan manusia yang hidup di wilayah perairan. Selain itu, keberadaan ikan aligator juga dinilai berdampak buruk bagi ekosistem lain. Ikan aligator sendiri bukanlah ikan asli Indonesia. Beberapa orang pun menganggap ikan ini bisa mengancam keberadaan ikan-ikan asli Indonesia.

Baca Juga: Jenis Ikan Piranha, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Untuk menyikapi hal ini, sebaiknya ikan aligator hanya dijadikan peliharaan saja. Apabila Anda membeli ikan ini maka harus ditempatkan di akuarium yang besar dan kuat. Anda juga harus memastikan anak-anak tidak bersinggungan langsung dengan ikan aligator tersebut. Selain itu, ikan aligator harus diberi maka secara rutin. Jangan sampai ikan aligator mengamuk karena kelaparan. Pastikan juga untuk tidak melepas liarkan ikan ini.

Written by Portal Hewan